Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei TikTok, Desain Ini yang Bakal Ngetren Tahun 2022

Kompas.com - 01/01/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber 4hoteliers

KOMPAS.com – Pada akhir tahun 2021, Airbnb dan TikTok bekerja sama untuk mencari tahu prediksi tren desain yang akan muncul tahun 2022.

Dilansir dari 4hoteliers, Sabtu (1/1/2022), prediksi tren tersebut diperoleh dengan cara melihat kata kunci terkait dekorasi rumah oleh pengguna TikTok dan Airbnb.

Adapun prediksi tren desain yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Sustainable

Sama seperti yang diberikan oleh sumber lainnya, menurut TikTok, banyak pengguna yang melakukan pencarian #zerowaste di platform mereka hingga mencapai 1,6 miliar tampilan global yang mengacu pada desain berkelanjutan.

Para pengguna TikTok membagikan panduan untuk mengurangi limbah rumah tangga dengan cara mendaur ulang produk yang tidak mudah terurai hingga menggantinya dengan barang yang dapat digunakan kembali.

Mendukung pernyataan tersebut, Airbnb mengatakan bahwa pencarian fitur berkelanjutan, misalnya tentang efisiensi dan penghematan energi serta biomassa juga mengalami peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan dengan pencarian fitur lain.

Cottagecore

Selain desain berkelanjutan, desain cottagecore  juga tercatat ada di daftar pencarian tren desain di Tiktok.

Menurut mereka, ini adalah kata kunci yang baru muncul dalam beberapa tahun terakhir.

Adapun desain yang dimaksud adalah ide dengan gaya hidup pedesaan yang sederhana, menggunakan wallpaper vintage bermotif bunga dan kayu.

Nostalgia eklektik

Tren desain nostalgia eklektik diketahui mengalami peningkatan popularitas pada paruh kedua tahun 2021.

Desain ini ditandai dengan objek yang beraneka bentuk dan dilengkapi dengan warna-warna yang cerah.

Biasanya, para pembuat konten TiTtok memadukan nostalgia elektik dengan musik disko tahun 70-an dan 80-an yang membuat nuansa desain ini terlihat lebih menarik.

Sedangkan Airbnb mengatakan bahwa pencarian kata kunci disko, eklektik, nostalgia, 70-an dan psikedelik muncul lebih dari 50.000 pencarian.

Tumbuhan

Rupanya tren tentang tumbuhan juga tidak berhenti di tahun 2022. Pasalnya, survei TikTok menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencarian dan pencantuman tagar #PlantTok dengan total sebanyak 1,6 miliar tampilan.

Sementara di Airbnb, ditemukan hampir sebanyak 45.000 iklan dengan kata kunci tumbuhan yang sedang banyak digemari, seperti monster dan tanaman pot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com