Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Bus Anak Air Bakal Jadi Magnet Kegiatan Masyarakat Kota Padang

Kompas.com - 21/11/2021, 11:36 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengupayakan Terminal Tipe A Anak Air dapat menjadi magnet bagi kegiatan masyarakat di Kota Padang dan sekitarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kota Padang saat ini telah memiliki Terminal Bus Tipe A Anak Air.

"Dengan begitu, kita mengharapkan angkutan massal menjadi keseharian dari masyarakat. Untuk itu, kami butuh dukungan dari pemerintah daerah agar masyarakat beralih ke angkutan massal,” kata Budi dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Demi Efisiensi, Perkuatan Dermaga Terminal Berlian Gunakan Metode Lumion

Budi menjelaskan, Terminal Tipe Anak Air akan menjadi simpul transportasi bus angkutan antar-kota maupun angkutan perkotaan di kota Padang.

Kementerian Perhubungan akan bekerja sama dengan perguruan tinggi di Padang yaitu Universitas Andalas untuk melakukan kajian.

Kajian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah terminal yang menjadi magnet agar masyarakat dan juga bus-bus yang memanfaatkannya semakin banyak.

Selain itu, Budi juga menyinggung soal integrasi antar moda di kota Padang dan sekitarnyaa.

Kota Padang memiliki Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang ke depannya akan ditambah frekuensinya sehingga masyarakat semakin berminat menggunakan angkutan massal.

Karena itu, Budi berharap Wali Kota Padang mendukung integrasi antar-moda perkotaan dengan angkutan antar-kota, dan juga dengan kereta api bandara, yang akan dijadikan jangkar dari lalu lintas di kota Padang.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa mengatakan akan mendukung Kemenhub untuk membuat terminal ini lebih menarik.

Pihaknya juga telah menganggarkan pelebaran jalan akses dari dan ke terminal yang rencanannya dimulai pada tahun 2022.

"Hadirnya terminal ini dapat menjadi barometer angkutan massal di kota Padang dan semua operator bus diharapkan dapat menggunakan terminal ini untuk naik turun penumpang, yang sebelumnya dilakukan di pool-pool bus," tuntas Hendri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com