Kompas.com - 13/10/2021, 10:00 WIB
Ruang Kreatif Ahmad Djuhara di Kota Cirebon Humas Pemprov JabarRuang Kreatif Ahmad Djuhara di Kota Cirebon

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Arsitek IAI Jawa Barat Georgius Budi Yulianto mengapresiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah melibatkan IAI merancang bangunan Ruang Kreatif pada aset-aset pemerintah provinsi yang tersebar di wilayah Jawa Barat.

Tercatat hingga saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah memiliki dua ruang kreatif yaitu Ruang Kreatif Ahmad Djuhara di Cirebon dan Creative Center di kota Bandung atau dikenal Bandung Creative Hub.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dibangunnya ruang kreatif tersebut merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengoptimalkan aset negara yang tidak produktif," kata Georgius dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Unik, Fasad Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki Mirip Not Balok Lagu

Ruang kreatif dapat menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk berkumpul sekaligus tempat digelarnya serangkaian kegiatan dari komunitas kreatif seperti kegiatan pameran arsitektur, seni dan yang lainnya.

Ruang kreatif juga dapat memberikan nilai tambah bagi kawasan dan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam pemanfaatannya.

Optimalisasi aset negara menjadi ruang kreatif dapat meningkatkan pendapatan negara dan menopang pemulihan ekonomi.

"Karenanya, apa yang dilakukan Kang Emil, sudah sejalan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berkeinginan agar aset-aset negara harus dapat bekerja keras," ucap dia.

Georgius menyebutkan, arsitek Indonesia juga dapat berperan aktif dalam membuat design visioning ruang kreatif serta memberikan masukan kepada para Investor yang akan berinvestasi di aset negara yang umumnya berada lokasi strategis tersebut.

Hal serupa juga dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui Jakarta Asset Management Center.

Pemprov DKI Jakarta menggelar Market Sounding Reaktivasi Barang Milik Daerah di Kawasan Kota Tua pada 30 September 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.