Pembebasan Lahan Ruas Pamungkas Tol Trans-Jawa Baru 24,88 Persen

Kompas.com - 30/07/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol Kraksaan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Jasa Marga Ilustrasi Gerbang Tol Kraksaan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi

JAKARTA, KOMPAS.com – Proses pembebasan lahan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki masih berada di angka 24,88 persen.

Padahal, kehadiran jalan tol ini diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh antara Probolingo dan Besuki yang biasanya ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ruas Probolingo-Besuki merupakan Seksi 1 dari proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) dengan panjang 29,6 kilometer.

Sementara Seksi yang menghubungkan Besuki-Bajulmati dirancang sepanjang 110,875 kilometer, dan Seksi 3 Bajulmati-Ketapang sepanjang 31,041 kilometer.

Baca juga: Akhirnya, Konstruksi Tol Probolinggo-Banyuwangi Dimulai Tahun 2022

Proses pengerjaan proyek ini baru akan dimulai pada tahun pada 2022 mendatang karena hingga kini masih terkendala masalah pembebasan lahan.

Tercatat sampai akhir Juli 2021, progres pembebasan lahan untuk Seksi 1 Ruas Probolinggo-Besuki baru mencapai 24,88 persen.

Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) Adi Prasetyanto memastikan konstruksi Seksi I Probolinggo-Besuki bisa rampung tiga tahun ke depan.

“Jika semuanya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka target penyelesaian konstruksi untuk Seksi I dapat selesai pada tahun 2024," kata Adi dalam keterangan tertulis, Kamis (29/07/2021).

Menurut Adi, saat ini PT JPB mendukung Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Lahan untuk mempercepat proses pembebasan lahan di seksi 1 Probolinggo-Besuki.

Hal ini dilakukan agar target yang sudah ditetapkan untuk pengerjaan konstruksi bisa selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.