Tuan Rumah Olimpiade 2020, Peringkat Lima Besar Kota Tangguh di Dunia

Kompas.com - 24/07/2021, 13:00 WIB
Pemandangan malam di Kota Tokyo, Jepang. Wander WisdomPemandangan malam di Kota Tokyo, Jepang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokyo, Jepang, tuan rumah Olimpiade 2020, masuk dalam urutan peringkat lima besar dari daftar kota tangguh di dunia berdasarkan hasil riset dari perusahaan real estat, Savills.

Tim Riset Savills telah memberi peringkat atas 500 kota yang disurvei berdasarkan kekuatan ekonomi, demografi, ekonomi, pengetahuan dan teknologi, ketahanan lingkungan, serta pertumbuhan pasar real estat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kota-kota yang berada pada posisi teratas dalam Indeks Kota Tangguh dinilai akan mampu beradaptasi dengan tantangan lingkungan dan masa depan pasca-Covid-19.

Pada masa depan, kota akan terus menjadi pusat kolaborasi, inovasi dan kemakmuran. Terlebih daerah perkotaan menghasilkan lebih dari 80 persen dari pendapatan global.

Baca juga: Hanya di Jepang, Perancang Busana Louis Vuitton Mendesain Toilet Umum

Posisi teratas Indeks Kota Tangguh Savills 2021 didominasi oleh kota-kota besar dengan pasar real estat yang berkembang.

New York, Los Angeles, dan London berada dalam posisi tiga besar dan merupakan kota-kota yang memiliki populasi di atas 10 juta jiwa.

Tokyo merupakan kota di wilayah Asia-Pasifik dengan peringkat tertinggi. Ibu kota Jepang ini memiliki pasar real estat yang besar namun berada di bawah New York dalam hal kekuatan ekonomi.

“Kekuatan Tokyo terletak pada statusnya sebagai megalopolis terbesar dalam hal populasi dan ukuran ekonomi, setara atau lebih besar dari beberapa negara Eropa,” ujar Kepala Research Savills Japan, Tetsuya Kaneko.

Sementara itu, San Francisco yang merupakan pusat teknologi global dan kota besar yang kaya berada di posisi ke-5 dalam hasil survey Savills.

Namun, tidak semua kota yang masuk dalam posisi teratas merupakan kota besar. Sejumlah kota kecil di Eropa kota dengan populasi di bawah tiga juta juga berada dalam peringkat 20 besar.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.