Pertambangan di Rumania Berpeluang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Kompas.com - 24/07/2021, 07:00 WIB
Kompleks pertambangan di desa Rosia Montana, Rumania yang masuk dalam kandidat daftar situs warisan dunia, UNESCO. Disini terdapat pertambangan emas bawah tanah milik bangsa Romawi dari abad kedua. AFPKompleks pertambangan di desa Rosia Montana, Rumania yang masuk dalam kandidat daftar situs warisan dunia, UNESCO. Disini terdapat pertambangan emas bawah tanah milik bangsa Romawi dari abad kedua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertambangan Romawi di desa Rosia Montana, Rumania, berpeluang masuk dalam daftar situs warisan dunia, UNESCO.

Namun, bila hal ini terjadi maka ada konsekunsi lanjutan yang harus ditanggung yakni terhentinya proyek pertambangan emas oleh perusahaan Kanada, Gabriel Resources.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dikutip dari AFP, Jumat (23/07/2021), penasihat badan PBB, ICOMOS menjelaskan situs yang terletak di Pegunungan Apuseni tersebut merupakan kompleks pertambangan emas bawah tanah milik bangsa Romawi yang berasal dari abad kedua.

Beberapa penduduk desa Rosia Montana khawatir warisan budaya ini akan hancur jika proyek penambangan emas oleh Gabriel Resources terus dilakukan.

Baca juga: Resmi, Kota Liverpool Dicoret dari Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Karena itu, sangat penting bila daerah ini dilestarikan oleh UNESCO.

Menurut Kementerian Budaya Rumania, UNESCO akan mengeluarkan keputusan apakah situs pertambangan ini akan masuk dalam warisan budaya dunia atau tidak pada Minggu (25/07/2021).

Tidak jelas apa yang akan dilakukan pemerintah Rumania jika wilayah tersebut berhasil masuk dalam situs warisan budaya dunia. Karena akan berpengaruh pada proyek pertambangan yang sementara berjalan.

Tetapi tidak semua penduduk setempat mendukung keputusan UNESCO. Bagi sang walikota Eugen Furdui, penetapan dari UNESCO sama sekali tidak menguntungkan.

"Banyak orang menaruh kepercayaan mereka pada proyek pertambangan modern sehingga mereka tidak perlu pergi ke luar negeri untuk bekerja," kata Furdui.

Masalah mengenai pertambangan ini sudah dimulai sejak tahun 1990-an, ketika Gabriel Resources datang ke Rosia Montana dengan tujuan menambang emas dan perak.

Halaman:


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.