Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pemulihan Pasar Properti, Pengembang Gencarkan Tagar #TimeToBuy

Kompas.com - 18/07/2021, 13:48 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pengembang menggalakkan tagar #TimeToBuy untuk mendorong masyarakat membeli properti yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Nasional.

Kampanye yang diinisiasi oleh founder komunitas Synergy Ismet Natakarmana, ini bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah pasar properti yang terdampak Pandemi Covid-19, setelah mengalami perlambatan lima tahun terakhir.

Terlebih, saat ini ada banyak relaksasi yang diberikan Bank Indonesia (BI) terkait loan to value (LTV) hingga 100 persen, suku bunga terendah dalam sejarah yang dipertahankan pada angka 3,5 persen 7 Days Reverse Repo Rate, dan teraktual adalah perpanjangan Pajak Pertambahan Nilai yang Ditanggung Pemerintah (PPN-DTP) sektor properti.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengajak masyarakat untuk membeli properti, karena ini adalah saat yang tepat.

Baca juga: WNA Jepang Hengkang dan Dampaknya terhadap Nasib Sektor Properti

Bukan tanpa alasan, Totok menjelaskan, pemerintah sudah memberikan sejumlah insentif di sektor properti yang tentu saja dapat meringankan calon konsumen untuk bisa membeli atau memiliki rumah.

"Kami mengajak teman-teman semua masyarakat luas bahwa saatnya sekarang membeli properti. Apalagi sekarang ada stimulus berupa subsidi PPN yang berlaku sampai dengan Desember 2021," kata Totok yang dikutip Kompas.com, Minggu (18/07/2021).

Totok menyebutkan, karena berbagai insentif yang diberikan, rata-rata harga properti di Indonesia saat ini jauh lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan di negara lain.

"Silakan bandingkan harga real estate Indonesia dengan negara asing. Silakan untuk beli beramai-ramai," imbuh Totok.

Hal senada dikatakan Managing Director Sinarmas Land Alim Gunadi. Dia berpendapat, memiliki rumah saat ini bukan hal yang mustahil atau hanya sebatas mimpi, melainkan sesuatu yang bisa diwujudkan menjadi kenyataan.

"Saatnya #TimeToBuy, sekarang waktu yang tepat untuk membeli rumah, karena sekarang kita melihat banyak stimulus yang diberikan oleh pemerintah," imbuh Alim.

Baca juga: Perang Tarif Sewa Perkantoran di Jakarta Terus Berlanjut

Dia merinci, stimulus yang diberikan berupa insentif PPN-DTP, DP 0 Persen, suku bunga rendah yang diberikan oleh perbankan dan berbagai penawaran dari developer untuk memiliki rumah atau properti impian.

Founder CEO Greenwoods Okie Imanto juga turut menyuarakan tagar #TimeToBuy sebagai momentum tepat membeli properti.

Menurut dia, banyak developer perumahan yang justru memberikan promo menarik untuk konsumen di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

Karenanya Okie mengajak setiap orang dapat memanfaatkan momen langka ini.

"Saat suku bunga KPR terendah sepanjang sejarah, dan juga para developer memberikan promo-promo spektakuler, manfaatkanlah kondisi yang terbaik ini its time to buy property," tutur Okie.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com