Kompas.com - 06/07/2021, 19:00 WIB
Jalan rusak para di Trans Papua terdapat di 84 titik. Kementerian PUPRJalan rusak para di Trans Papua terdapat di 84 titik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Trans-Papua yang termasuk dalam proyek prioritas nasional (PSN), dianggap telah menghilangkan ribuan hektar tutupan hutan.

Dalam jangka panjang, pembangunan Trans-Papua ini diprediksi bisa menghilangkan tutupan hutan seluas tiga kali Kota Yogyakarta yakni 12.469 hektar. Sekitar 4.772 hektar di antaranya merupakan hutan lindung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut terungkap dalam Launching Hasil Desk Study, “Analisis Pengaruh Rencana Pembangunan Major Project Jalan Trans Papua Terhadap Aspek Sosial-Ekologis Papua”, yang diselenggaran oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Selasa (06/07/2021).

Proyek Trans-Papua meliputi sembilan ruas jalan dan rencananya akan dibangun sepanjang 2.300 kilometer.

Hingga kini, berdasarkan citra satelit terdapat 74 kilometer yang masih terputus dan dalam tahap pembangunan lanjutan.

Baca juga: Antropolog Harus Dilibatkan, Jangan Sampai Jalan Trans-Papua Jadi Karpet Merah buat Pembalak Liar

Dalam paparannya, Peneliti Walhi Umi Marufah mengungkapkan, semenjak poyek dimulai tahun 2001 hingga 2019, banyak hutan yang telah hilang.

Selama kurun waktu tersebut ada sekitar 34 persen non-kawasan hutan yang hilang. Selebihnya 22 persen kawasan hutan lindung konservasi dan 44 persen hutan produksi juga hilang.

Umi menyebutkan, pembangunan ruas jalan Fakfak-Windesi telah menghilangkan hampir 4.000 hektar hutan produksi.

Selanjutnya, pada ruas jalan Wagete-Timika, telah hilang 2.000 lebih hektar hutan produksi dan 500 hektar hutan lindung.

Kemudian ruas jalan Wanggar-Kwatisore-Kp Muri juga kehilangan lebih dari 1.500 hektar hutan produksi dan 500 hektar hutan lindung dan konservasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.