Kompas.com - 22/05/2021, 07:00 WIB
PUPR PUPRPUPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga saat ini telah melakukan rehabilitasi terhadap tujuh pasar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ketujuh pasar itu adalah Pasar Pagi Kaliwungu, Pasar Klewer Timur Surakarta, Pasar Benteng Pancasila Mojokerto, Pasar PON Trenggalek, Pasar Legi Ponorogo, Pasar Renteng Lombok Tengah, dan Pasar Pariaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuh pasar tersebut merupakan bagian dari target 14 pasar yang akan direhabilitasi hingga 2024 mendatang.

Baca juga: Renovasi Pasar Legi di Surakarta Selesai November 2021

"Saat ini Kementerian PUPR telah selesai melakukan rehabilitasi terhadap 7 pasar, dari target 14 pasar hingga tahun 2024," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Jumat (21/05/2021).

Menurutnya, penyediaan pasar tradisional sangat penting demi melancarkan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, sekaligus sebagai bentuk hadirnya pemerintah bagi masyarakat.

Konsep pembangunan pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan melibatkan Pemerintah Daerah.

PUPRPUPR PUPR
Basuki mencontohkan, salah satu pasar yang telah rampung rehabilitasinya yaitu Pasar Pagi Kaliwungu di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada tahun 2020.

Pasar Pagi Kaliwungu yang berlokasi dekat perbatasan Kota Semarang ini telah beroperasi secara penuh sejak selesai direvitalisasi.

Anggaran rehabilitasi pasar ini sebesar Rp 32,57 miliar dengan luas lahan 16.000 meter persegi dan luas bangunan 9.900 meter persegi.

Mencakup dua lantai, serta dapat menampung sebanyak 997 unit kios dan los pedagang dengan berbagai komoditi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.