Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lingkar Tuntas Dibangun, Brebes-Tegal Bakal Melesat

Kompas.com - 21/05/2021, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Provinsi Jawa Tengah telah tuntas dikerjakan.

Konstruksi jalan ini mayoritas dibangun di atas lahan dengan struktur rawa. Sehingga, dalam pengerjaannya menerapkan teknologi Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD).

Hal ini dilakukan untuk mempercepat waktu pelaksanaan dibandingkan dengan sistem timbunan.

Meski demikian, harus dilakukan uji laik fungsi (ULF) terlebih dahulu agar aman dilalui pengendara sebelum pengoperasian jalan tersebut.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Satrio Sugeng Prayitno mengungkapkan hal ini dalam keterangan tertulis, Jumat (21/05/2021).

"Saat ini, sudah dilakukan audit keselamatan dan sedang menunggu hasil agar segera dapat dilalui oleh masyarakat,” ujar Satrio.

Baca juga: Serah Terima Jalan Lingkar Brebes-Tegal 30 April 2021

Dengan tuntasnya pembangunan jalan nasional sepanjang 17,4 kilometer ini bakal mendukung konektivitas dan kelancaran arus lalu lintas (lalin) di Brebes dan Tegal.

Kedua wilayah itu tengah didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi wilayah di koridor Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas logistik (barang dan jasa) dan manusia lebih efisien.

"Dengan konektivitas yang semakin baik, diharapkan perekonomian wilayah juga ikut mengalami peningkatan," tutur Endra.

Jalan Lingkar Brebes ? Tegal di Provinsi Jawa Tengah.Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR. Jalan Lingkar Brebes ? Tegal di Provinsi Jawa Tengah.
Menurut Endra, Brebes dan Tegal memiliki banyak potensi untuk berkembang menjadi pusat pertumbuhan wilayah.

Sehingga, kehadiran jalan lingkar ini dapat melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura yang komplementer dengan jaringan Tol Trans-Jawa.

Jadi, arus logistik melalui Pantura Jawa dapat terjamin baik kelancaran dan keselamatannya.

Pembangunan jalan arteri ini dimulai sejak tanggal kontrak 19 Desember 2019 dan telah selesai Mei 2021 yang dilengkapi penerangan dan marka jalan.

Konstruksi Jalan Lingkar Brebes-Tegal menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 223 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Keberadaan jalan ini diharapkan juga mendukung kelancaraan arus lalin, khususnya di Brebes. Sebab, jalur Pantura yang masuk dalam Kota Brebes akan memiliki jalur alternatif.

Dengan demikian, jalan dalam kota lebih awet karena tidak dilintasi kendaraan besar sekaligus menekan angka kecelakaan di jalan nasional Kota Brebes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com