Jalan Lingkar Tuntas Dibangun, Brebes-Tegal Bakal Melesat

Kompas.com - 21/05/2021, 19:00 WIB
Jalan Lingkar Brebes ? Tegal di Provinsi Jawa Tengah. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.Jalan Lingkar Brebes ? Tegal di Provinsi Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Provinsi Jawa Tengah telah tuntas dikerjakan.

Konstruksi jalan ini mayoritas dibangun di atas lahan dengan struktur rawa. Sehingga, dalam pengerjaannya menerapkan teknologi Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD).

Hal ini dilakukan untuk mempercepat waktu pelaksanaan dibandingkan dengan sistem timbunan.

Meski demikian, harus dilakukan uji laik fungsi (ULF) terlebih dahulu agar aman dilalui pengendara sebelum pengoperasian jalan tersebut.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Satrio Sugeng Prayitno mengungkapkan hal ini dalam keterangan tertulis, Jumat (21/05/2021).

"Saat ini, sudah dilakukan audit keselamatan dan sedang menunggu hasil agar segera dapat dilalui oleh masyarakat,” ujar Satrio.

Baca juga: Serah Terima Jalan Lingkar Brebes-Tegal 30 April 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tuntasnya pembangunan jalan nasional sepanjang 17,4 kilometer ini bakal mendukung konektivitas dan kelancaran arus lalu lintas (lalin) di Brebes dan Tegal.

Kedua wilayah itu tengah didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi wilayah di koridor Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas logistik (barang dan jasa) dan manusia lebih efisien.

"Dengan konektivitas yang semakin baik, diharapkan perekonomian wilayah juga ikut mengalami peningkatan," tutur Endra.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X