Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai Dijajal dengan Laju 180 Kilometer Per Jam, Prasarana Jalur KCJB Disempurnakan

Untuk mencapai puncak kecepatan teknis 385 km/jam, perlu dilakukan berbagai penyempurnaan prasarana KCJB di berbagai aspek.

Melalui Kereta Inspeksi tersebut, berbagai aspek prasarana diukur keandalannya melalui peralatan-peralatan yang terpasang.

"Setelah sebelumnya dapat dilalui dengan kecepatan hingga 180 km/jam secara aman, saat ini seluruh kontraktor KCJB sedang melakukan peningkatan kualitas prasarana sehingga kecepatan kereta cepat terus ditingkatkan secara bertahap," terang Emir dalam keterangan resmi dikutip dari laman KCIC, Rabu (31/05/2023).

Penyempurnaan prasarana yang dimaksud dilakukan pada aspek jalur, sinyal, komunikasi, kelistrikan, hingga pengamanan.

Untuk penyempurnaan pada jalur, dilakukan dengan memadatkan batu ballast pada rel sehingga jalur rel semakin kokoh, stabil, dan minim guncangan saat dilalui kereta inspeksi dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Aspek selanjutnya adalah penyelarasan kabel Listrik Aliran Atas (LAA). Penyelarasan ini bertujuan agar kabel LAA yang digunakan tidak mengalami penipisan yang membuat distribusi listrik terganggu.

Dilakukan pula penyetelan frekuensi sinyal yang tujuannya untuk mendapatkan sinyal paling jernih yang bisa diterima oleh sarana dan prasarana KCJB.

Aspek terakhir adalah melakukan pengecekan komunikasi untuk memastikan jalur GSMR yang digunakan KCJB tidak terganggu oleh sinyal telepon atau sinyal komunikasi lain selain sinyal komunikasi yang digunakan oleh kereta cepat.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/05/31/150000921/usai-dijajal-dengan-laju-180-kilometer-per-jam-prasarana-jalur-kcjb

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke