Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Kemenhub Siapkan 15 Kapal

Menurut Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, hal ini dilaksanakan demi mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut yang terjadi pada masa mudik Lebaran tahun 2023 ini.

"(untuk) di Pelabuhan Tanjung Priok misalnya, telah disiapkan 15 kapal penumpang dengan total kapasitas 16.767 orang," ucap Adita dilansir dari laman Kemenhub, Senin (27/3/2023).

Selain menyiapkan kapal penumpang, Kemenhub juga melakukan uji petik (inspeksi keselamatan) pada kapal-kapal yang telah disiapkan. Tujuannya, memastikan kapal beroperasi dalam keadaan laik laut.

Tak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok, uji petik dilakukan di Pelabuhan Samarinda, Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Batam, Banyuwangi, Pelabuhan Palembang, serta Pelabuhan Belawan.

Selanjutnya atau yang ketiga, menyiapkan fasiltias Command Center, salah satunya di Pelabuhan Tanjung Priok.

Fasilitas ini akan menjadi pusat pengendalian operasi container dan non-container (multipurpose), termasuk pelayanan kapal.

“Kami juga terus berupaya mengurai kepadatan di pelabuhan saat lebaran, salah satunya dengan mengkaji kemungkinan penggunaan Pelabuhan Bojanegara dan Pelabuhan Bandar Jaya untuk memperkuat Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan,” ujar Adita.

Kemenhub tengah berkoordinasi dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dan stakeholder terkait untuk mengupayakan fasilitas mudik gratis bagi pekerja dan buruh di lingkungan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak, dengan menggunakan bus atau kereta api.

Diharapkan upaya ini dapat mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor yang potensi kecelakaannya sangat tinggi.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/27/190000721/antisipasi-lonjakan-penumpang-di-pelabuhan-tanjung-priok-kemenhub

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke