Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penuhi Stok Material Konstruksi di IKN, 6 BUMN Ramai-ramai Bikin Usaha Bareng

Kelima BUMN Karya yang dimaksud adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero), serta PT Nindya Karya (Persero).

KLN telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor AHU0011167.AH.01.01 tahun 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan, perusahaan patungan ini akan menyediakan bahan dasar konstruksi, serta fokus pada bidang bisnis beton pracetak, juga perdagangan material konstruksi.

“Hadirnya KLN diharapkan (agar) terselenggaranya proyek pembangunan IKN dengan memberikan jaminan suplai dan mutu produk material konstruksi,” terang Tjahjo dalam keterangan tertulis, Kamis (16/3/2023).

Tjahjo menyampaikan, rencana pemindahan IKN membuat adanya pembangunan secara masif di wilayah tersebut.

Melihat peluang ini, enam BUMN Karya menginisiasi dalam pembentukan perusahaan khusus, untuk memastikan kebutuhan dasar konstruksi terpenuhi selama proses pembangunan IKN.

“Dengan kantor operasi berkedudukan di Balikpapan, KLN saat ini sudah mulai beroperasi dan sesegera mungkin memasok kebutuhan beton pada proyek-proyek di IKN," tegas Tjahjo.

Menurut Tjahjo, melalui KLN ini juga dapat menunjang kegiatan usaha perusahaan.

Adapun modal dasar usaha patungan tercatat mencapai Rp 340 miliar serta modal yang telah ditempatkan dan disetor sebesar Rp 85 miliar.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/16/160000021/penuhi-stok-material-konstruksi-di-ikn-6-bumn-ramai-ramai-bikin-usaha

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke