Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita META Meminang Jasa Marga dengan Mahar Rp 4,38 Triliun untuk "Gadis Cantik" Jalan Layang MBZ

Sehingga, lalu lintas harian rerata (LHR) yang tercatat sekitar 447.000 kendaraan secara integratif dengan Tol Jakarta-Cikampek.

Karena itu, tak sekadar cantik, tol dengan konstruksi melayang sepanjang 38 kilometer ini juga ditahbiskan sebagai "gadis seksi".

Dari tol ini pula, PT Nusantara Infrasctructure Tbk (META) melalui entitas PT Marga Utama Nusantara (MUN) mencetak rekor transaksi akuisisi saham tol terbesar sepanjang sejarah, dengan nilai Rp 4,38 triliun.

META membeli saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk di PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek sebesar 40 persen yang Akta Jual Beli atau Sales Purchase Agreement (SPA)-nya secara resmi diteken pada 10 Oktober 2022.

Direktur Utama META Ramdani Basri menuturkan, sebelum sukses meminang Jasa Marga untuk sang "gadis cantik", pedekate yang dilakukan cukup lama, detail, hati-hati, dan sangat kompleks.

"Meminang gadis cantik ini cukup lama, rumit, kompleksitasnya tinggi dan Jasa Marga hati-hati sekali. Meski akhirnya dapat juga. Gak mudah deal dgn BUMN. Sudah begitu, masih ditanya lagi, uangnya ada enggak?," seloroh Ramdani saat Seremoni Pembelian 40 Persen Kepemilikan Saham PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, Rabu (21/12/2022).

Dengan pinangan ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraup dana segar Rp 4,38 triliun sebagai mahar yang dibayarkan PT Nusantara Infrastructure Tbk (META).

Mahar ini ditransfer sebanyak dua kali termin pembayaran. Pertama senilai Rp 800 miliar, dan kedua sekitar Rp 3,580 triliun.

Bahkan, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengaku, saking besarnya uang ini, antara percaya dan tidak.

"Apalagi bayarnya dua kali. Kita butuh meyakinkan pemegang saham dengan proses yang cukup detail," ujar Subakti.

Asset recycling di sektor jalan tol ini, sangat membantu memberdayakan segala sumber, termasuk sumber daya finansial untuk dapat membangun lebih panjang lagi jalan tol di kawasan lainnya.

"Semoga kegiatan (transaksi saham) ini akan mendorong investor lainnya tertarik menyukseskan program asset recycling di sektor jalan tol di seluruh Indonesia," kata Basuki.

Prinsip Good Corporate Governance

Ramdani melanjutkan, dengan peresmian ini, seluruh proses transaksi pembelian Jalan Layang MB sepenuhnya telah selesai dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang berlaku.

Perusahaan mendapatkan dukungan dan kepercayaan penuh dari para pemangku kepentingan, sehingga seluruh proses dapat berjalan lancar sesuai target.

“Aksi korporasi ini juga merupakan bentuk konkret kerjasama dan sinergitas yang baik antara pemerintah dan swasta sesuai dengan semangat Indonesia Incorporated yang dicita-citakan sejak dahulu, sehingga dengan wujud nyata ini, pihak swasta dapat lebih diikutsertakan dalam berbagai proyek strategis di sektor infrastruktur yang berkelanjutan," tutur Ramdani.

Sementara bagi Jasa Marga, divestasi atas kepemilikan saham di PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek merupakan lanjutan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis perusahaan serta dalam rangka mengoptimalkan portfolio bisnis Perusahaan.

“Pengusahaan Jalan Layang MBZ memberikan kontribusi yang baik bagi Jasa Marga dalam mengembangkan jalan tol lainnya di Indonesia. Pengoperasian Jalan Layang MBZ yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga memberikan manfaat yang optimal dalam mendistribusikan volume lalu lintas di segmen Jakarta-Cikampek,” ujar Subakti.

PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek merupakan BUJT pengelola Jalan Layang MBZ yang beroperasi sejak tahun 2019 dengan hak konsesi selama 45 tahun (2017-2062).

Jalan Layang MBZ membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat yang merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol jarak jauh yang turut mendistribusikan volume lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dengan dioperasikannya Jalan Layang MBZ secara terintegrasi, potensi kepadatan jalur Jakarta-Cikampek dapat didistribusikan secara efektif dan efisien, sehingga terjadi peningkatan kelancaran lalu lintas pada jalur tersebut yang saat ini menjadi penghubung utama wilayah Jakarta ke arah timur dan sebaliknya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/21/133000621/cerita-meta-meminang-jasa-marga-dengan-mahar-rp-438-triliun-untuk-gadis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke