Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seluruh Rencana Detail Tata Ruang IKN Ditargetkan Kelar 2022, Ini Daftarnya

Karena dari total sembilan Wilayah Perencanaan (WP) IKN, masih ada lima dokumen RDTR yang harus diselesaikan dan kini masih dalam penyusunan.

Meliputi RDTR WP IKN Utara, RDTR WP IKN Selatan, RDTR WP Simpang Samboja, RDTR WP Kuala Samboja, dan RDTR WP Muara Jawa.

Sebelumnya pada Agustus lalu Kementerian ATR/BPN telah menyerahkan empat dokumen RDTR kepada Otorita IKN.

Yakni RDTR WP Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, RDTR WP IKN Barat, RDTR WP IKN Timur I, dan RDTR WP IKN Timur II.

Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional Kementerian ATR/BPN Pelopor mengatakan, seluruh dokumen RDTR WP di IKN akan diselesaikan hingga akhir 2022.

"InsyaAllah di tahun ini seluruh WP yang tersisa, termasuk Simpang Samboja, Kuala Samboja, Muara Jawa. InsyaAllah materi teknis RDTR segera akan kita selesaikan," ujarnya dalam acara Konsultasi Publik RDTR IKN pada Selasa (13/09/2022).

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan, konsultasi publik RDTR ini merupakan satu tahapan untuk membuat satu dokumen Peraturan Kepala Otorita IKN.

"Berdasarkan peraturan perundang-undangan, saya nanti yang menandatangani landasan hukum untuk rencana detail tata ruang ini," tandasnya.

Berikut rincian sembilan WP IKN sekaligus peruntukkannya:

  • WP IKN KIPP 6.671 hektar. Diperuntukkan pusat pemerintahan nasional (istana negara, perkantoran K/L, diplomatic compound, dll), pertahanan dan keamanan, serta perumahan dan permukiman (termasuk rumah negara).
  • WP IKN Utara 12.067 hektar. Diperuntukkan pusat riset dan inovasi, pelayanan pendidikan tinggi, pusat perkantoran, dan pariwisata.
  • WP IKN Barat 17.206 hektar. Menjadi pusat ekonomi, bisnis dan keuangan, pariwisata alam, fasilitas pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan tinggi, hingga pertahanan dan keamanan.
  • WP IKN Selatan 6.753 hektar. Untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT), permukiman perdesaan, pertahanan dan keamanan.
  • WP IKN Timur I seluas 9.761 hektar. Diperuntukkan pusat hiburan, pusat olahraga, pariwisata, perdagangan dan jasa, pelayanan pendidikan tinggi, hingga pertahanan dan keamanan.
  • WP IKN Timur II seluas 3.720 hektar. Wilayah ini akan menjadi pusat pendidikan tinggi, pusat riset dan inovasi, perdagangan dan jasa, perkantoran, hingga pelayanan kesehatan.
  • WP Simpang Samboja 4.299 hektar. Wilayah ini akan menjadi pusat distribusi dan perdagangan komoditas kawasan, serta perumahan dan permukiman.
  • WP Kuala Samboja 2.986 hektar, diperuntukkan sebagai pusat agroindustri dan industri pangan, serta perumahan dan permukiman.
  • WP Muara Jawa 9.084 hektar. pusat pelayanan publik, pusat kegiatan berbasis pertanian dan perikanan, serta perumahan dan permukiman.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/13/173000121/seluruh-rencana-detail-tata-ruang-ikn-ditargetkan-kelar-2022-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke