Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Progres Tol Yogyakarta-Solo-YIA Kulonprogo

Progres diwujudkan lewat pertemuan antara Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pengelola dan Keraton Yogyakarta pada Jumat (10/6/2022) di Kantor Panitikismo Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pertemuan yang dipimpin oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi ini bertujuan untuk membahas mengenai pentingnya memperhatikan warisan sejarah, situs cagar budaya dan purbakala di Yogyakarta.

“Kami berharap pembangunan jalan tol di wilayah DI Yogyakarta ini dapat memahami dan memperhatikan situs-situs cagar budaya dan bangunan bersejarah yang ada di DI Yogyakarta,” ungkap GKR Mangkubumi, mengutip rilis, Sabtu (11/6/2022).

Beberapa aspek historis yang dimaksud, seperti makam, wilayah selokan Mataram dan bangunan bersejarah yang tidak hanya berada di sekitar lingkungan Keraton.

“Kemudian adanya sumbu filosofi dan garis imaginer (melintasi DI Yogyakarta dari Gunung Merapi-Parangkusumo) agar dapat menjadi perhatian bagi semua pihak yang terlibat,” tambahnya.

Menanggapi pernyataan GKR Mangkubumi, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan bahwa pemerintah sangat memperhatikan serta peduli dengan keberadaan bangunan bersejarah.

Jelasnya, pemerintah akan turut serta memperhatikan serta melestarikan situs-situs cagar budaya dan purbakala yang berada di wilayah Yogyakarta.

Sementara itu, Direktur Utama PT JMM Adrian Priohutomo mengklaim pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Kulonprogo sangat memperhatikan kearifan lokal dan bangunan bersejarah.

Selain itu, pembangunan juga mempertahankan serta melestarikan situs-situs cagar budaya dan purbakala yang ada.

Adapun sebelumnya, tol di Jawa Tengah disebut telah melalui penyesuaian desain jalan demi menjaga warisan sejarah.

Yakni, rekayasa konstruksi tol yang semula at grade menjadi elevated untuk menghindari situs Yoni yang ada di Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Oleh karena itu, pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA Kulonprogo juga akan menjadi perhatian pengelola, terutama dalam kaitannya dengan sumbu filosofis serta garis imaginer yang telah disampaikan.

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa ke depannya akan dilakukan koordinasi dan pembahasan secara berkala antara Keraton Yogyakarta, pemerintah serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) demi kesuksesan proyek hingga kelestarian budaya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/11/211031521/ini-progres-tol-yogyakarta-solo-yia-kulonprogo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke