Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susah Dapat Pasokan Air Bersih di Rumah? Panen Air Hujan Saja

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanen air hujan adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga terutama bila Anda tinggal di lokasi yang susah mendapatkan pasokan air bersih.

Proses pemanenan air hujan cukup mudah dilakukan. Caranya dengan mengumpulkan limpasan air ke dalam wadah tertentu untuk digunakan nanti.

Secara tradisional proses pemanenan air hujan dilakukan melalui atap rumah. Air limpasan hujan yang jatuh dari atap rumah akan jatuh di talang lalu dialirkan ke wadah penyimpanan.

Seperti dikutip dari Water Chace, Anda bisa mengumpulkan hujan di dalam tong atau mengalirkannya ke dalam tangki air untuk memasok seluruh kebutuhan rumah tangga Anda.

Dengan memanen air hujan, Anda dapat mengontrol pasokan air Anda dan mengganti setidaknya sebagian besar kebutuhan air di rumah.

Air hujan adalah sumber air yang relatif bersih dan benar-benar gratis. Sehingga daripada membiarkannya mubazir, sebaiknya dimanfaatkan.

Air hujan bahkan sangat disarankan untuk menyiram tanaman karena tidak mengandung klorin yang berbahaya.

Untuk mulai memanen air hujan, prosesnya sangat mudah. Anda hanya menggunakan teknologi sederhana, murah dan mudah dirawat.

Sistem pemanenan air hujan mudah dipasang ke struktur bangunan yang sudah ada atau dibangun selama konstruksi rumah baru. Sangat cocok diterapkan di daerah-daerah yang belum mendapatkan pasokan air.

Sistemnya sangat fleksibel dan dapat bersifat modular, memungkinkan ekspansi, bahkan bisa direlokasi di area lain.

Proses pemanenan air hujan sangat dianjurkan terutama bagi Anda yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi. 

Air hujan yang dipanen dapat disimpan untuk nantinya digunakan saat musim kemarau tiba. 

Bagaimana? Anda tertarik untuk mulai memasang sistem pemanenan air hujan di rumah? Konsultasikan proyek ini dengan tukang bangunan yang dimiliki untuk mengetahui rincian biaya yang dibutuhkan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/26/185013521/susah-dapat-pasokan-air-bersih-di-rumah-panen-air-hujan-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke