Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Bingkai Jendela

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela merupakan salah satu bagian kruasial dari sebuah rumah. Selain menjadi jalan masuk keluarnya udara, jendela juga bisa menambah estetika rumah.

Selain tipe jendela, material bingkai yang akan digunakan juga perlu dipertimbangkan karena akan berdampak pada hasil akhirnya.

Berikut tiga faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih material bingkai jendela di hunian Anda seperti dikutip dari Superior Window.

1. Iklim

Lokasi Anda tinggal dan cuaca di daerah tersebut akan secara signifikan memengaruhi material bingkai jendela yang paling sesuai dengan rumah Anda.

Misalnya, jika Anda tinggal di tepi pantai dengan iklim sub tropis, pemilihan jendela kayu tidak disarankan.

Material kayu bisa sangat berubah-ubah dalam kelembapan tinggi dan membutuhkan lebih banyak perawatan. Sementara itu PVC, di sisi lain, sangat tahan lama di lingkungan seperti itu.

2. Gaya arsitektur

Gaya arsitektur rumah Anda juga berperan besar dalam material yang Anda pilih, terutama jika Anda tinggal di rumah kuno.

Misalnya, Anda tinggal di rumah yang memiliki gaya Victoria, jendela dengan bingkai vinil semua sisi kayu dan detail cetakan yang rumit akan terlihat cocok.

Namun bingkau jendela aluminium sangat cocok bila Anda ingin membangun rumah dengan desain industrial.

3. Anggaran

Faktor berikutnya yang harus dipertimbangka adalah anggaran. Setiap jenis jendela memiliki biaya yang berbeda.

Anda bisa saja menyukai tampilan kayu tradisional untuk menyempurnakan rumah. Namun kayu merupakan material yang memiliki harga yang cukup mahal.

Sementara bingkai jendela berbahan PVC, jauh lebih ramah anggaran dan bahkan menawarkan keuntungan tambahan karena memiliki biaya perwatan yang rendah.

Setelah mempertimbangkan tiga hal diatas, lakukanlah survei ke beberapa tempat produksi bingkai jendela untuk mendapatkan kualitas bahan terbaik dengan harga terjangkau.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/13/194804821/tiga-faktor-yang-perlu-dipertimbangkan-sebelum-memilih-bingkai-jendela

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke