Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Otot IKN, Balikpapan Tawarkan Rumah Murah di Bawah Rp 500 Juta

Pasalnya, daerah yang merupakan pusat bisnis dan industri di Kaltim ini bakal menjadi bagian penting dalam ekosistem penggerak ekonomi bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Perannya sebagai otot, yakni simpul hilir migas dan logistik di Kaltim. Apalagi disana sudah terdapat Bandara Internasional Sepinggan serta Pelabuhan Semayang.

Untuk membantu Anda, berikut beberapa pilihan rumah murah di bawah Rp 500 juta di Balikpapan sebagaimana dilansir dari laman resmi SiKumbang Kementerian PUPR.

1. Pesona Bukit Batuah P3

Kompleks perumahan ini berlokasi di Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim. Pengembangnya PT Karyapama Marga Abadi.

Unit hunian yang dipasarkan pada kompleks ini yaitu rumah bersubsidi tipe 36 dengan harga Rp 142 juta.

Luas bangunannya 36 meter persegi dan luas lahan 84 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Spesifikasi atapnya berupa soka; dinding batako; lantai rabat dan pondasi batu gunung.

2. Griya Pesona Mandiri

Perumahan ini berada di Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kaltim. Developernya PT Awal Multi Mandiri.

Hunian yang dipasarkan berupa rumah bersubsidi tipe 36 dengan harga Rp 153 juta.

Luas bangunannya 36 meter persegi dan luas lahan 104 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Spesifikasinya, atap multiroop gelombang: dinding batako press mesin atau bata merah; lantai semen atau babat dan pondasi cakar ayam.

3. Mentari Village

Kompleks perumahan Mentari Village terletak di Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim. Pengembangnya PT Bumi Karya Mentari.

Hunian yang dipasarkan berupa rumah bersubsidi tipe 30 dan tipe 36, dibanderol Rp 164,5 juta.

Untuk tipe 30 memiliki luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Sementara tipe 36 luas bangunannya 36 meter persegi dan luas lahan 72 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Kedua tipe hunian tersebut spesifikasinya sama. Atap multiroof: dinding batako (plester dan aci); lantai keramik dan pondasi batu gunung.

4. Batu Ratna Indah

Perumahan yang dikembangkan PT Multi Graha Cipta Mandiri ini berlokasi di Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim.

Hunian yang dipasarkan terdapat tige tipe. Satu rumah bersubsidi dengan harga Rp 164,5 juta dan dua rumah komersil mulai dari Rp 175 juta-Rp 200 juta.

Termahal yakni rumah komersil dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 84 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Spesifikasinya, atap rangka baja ringan, penutup setara sakura roof; dinding berupa batako di plester; lantai keramik 40/40 dan pondasinya batu gunung.

5. Pondok Bukit Lestari

Kompleks perumahan yang terletak di Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kaltim, ini pengembangnya PT Rullytasari.

Hunian yang disediakan yakni tipe 28 rumah bersubsidi dengan harga Rp 164,5 juta dan tipe 36 rumah komersil senilai Rp 250 juta.

Khusus untuk tipe 36, memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 84 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Spesifikasinya atap baja ringan dan multiroof; dinding batako plester aci atau plamir dan cat; lantai keramik 40x40 dan pondasi batu gunung.

6. Griya Karingau Baru

Kawasan perumahan yang dikembangkan PT Dwi Marga Utama ini berada di Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kaltim.

Unit yang dipasarkan terdapat rumah bersubsidi tipe 36 seharga Rp 164,4 juta dan rumah komersial tipe 36 permanen senilai Rp 364 juta.

Untuk hunian komersil tipe 36 permanen, luas bangunannya 36 meter persegi dan luas lahan 90 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Spesifikasi atap berupa metalzinkalume; dinding bata merah; lantai keramik dengan pondasi rumah batu gunung.

7. Perumahan Bukit Graha

Perumahan ini terletak di Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim. Developer nya PT Karsa Prima Gemilang.

Hunian yang dipasarkan berupa rumah komersil dengan harga Rp 350 juta.

Luas bangunannya 36 meter persegi dan luas lahan 81 meter persegi. Mencakup dua kamar tidur serta satu kamar mandi.

Spesifikasi atap berupa baja ringan dan metal roof; dinding bata diplester, aci, finish cat; lantai keramik dan pondasi garis batu gunung.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/11/193000121/jadi-otot-ikn-balikpapan-tawarkan-rumah-murah-di-bawah-rp-500-juta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke