Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korsel Bangun Metaverse Seoul, Bakal Jadi Kota Digital Pertama di Dunia?

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (8/12/2021), Realm, perusahaan real estat digital di New York baru saja melaporkan pembelian mereka untuk tanah digital seharga 4,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp 61,9 miliar.

Selain itu, Metaverse Group yang merupakan anak perusahaan Tokens.com juga diketahui telah melakukan pembelian tanah digital seharga 2,4 juta dolar AS atau sekitar Rp 34,5 miliar, pada November lalu.

Tidak mau ketinggalan, belum lama ini Pemerintah Metropolitan Seoul (SMG) Korea Selatan mengumumkan rencana mereka untuk mendirikan Metaverse Seoul.

Melalui rencana tersebut, Seoul akan menjadi kota metropolitan digital pertama di dunia, menurut Hybebeast.

Merupakan bagian dari proyek Seoul Vision 2030 yang digagas Wali Kota Seoul Oh Se-hoon, program percontohan ini akan mulai diluncurkan pada awal tahun 2022.

Dengan investasi yang sudah dikeluarkan sebesar 3,9 miliar KRW atau sama dengan Rp 47,3 miliar, Metaverse Seoul akan mencakup balai kota virtual, tempat wisata, pusat layanan sosial dan berbagai fasilitas lainnya untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, melalui kota digital ini, warga Korea Selatan bisa menikmati tempat wisata terkenal di negaranya, seperti Gwanghwamun Plaza, Istana Deoksugung dan Pasar Namdaemun dengan hanya menggunakan headset VR.

Terdapat pula situs bersejarah Korea yang bangunan aslinya telah dihancurkan semasa penjajahan Jepang, yaitu Gerbang Donuimun yang akan direkonstruksi secara digital untuk dijelajahi.

Sementara itu, rencana lain yang juga telah diumumkan adalah penyelenggaraan Festival Lentera Seoul yang akan dilaksanakan mulai tahun 2023 hingga seterusnya.

Dalam lima tahun ke depan, Seoul juga berencana untuk menyelesaikan 20 tugas promosi di bidang ekonomi, pendidikan, budaya, pariwisata, komunikasi, pembangunan perkotaan, administrasi dan infrastruktur melalui 3 tahapan.

Adapun tahapan pertama adalah introduksi pada awal tahun 2022, diikuti dengan tahap ekspansi dari 2023-2024 dan tahap penyelesaian dari 2025-2026.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/09/063000321/korsel-bangun-metaverse-seoul-bakal-jadi-kota-digital-pertama-di-dunia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke