Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakuwon Mall Surabaya, Pusat Belanja Terluas di Indonesia

Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, ukuran mal yang berdiri pun sangat luas sehingga terkadang para pengunjung bisa tersesat di dalamnya.

Selebtwit Handoko Tjung melalui cuitannya bahkan mengandaikan luas mal seperti Grand Indonesia bisa membuat Dora, tokoh utama dalam film kartun besutan Nickelodeon, Dora The Explorer, bisa tersesat.

Bila Anda mengira mal terluas adalah Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur, maka Anda juga keliru.

Meski memiliki luas area sewa atau nett leasable area (NLA) efektifnya 175.000 meter persegi dan mencakup 6 seri, Tunjungan Plaza bukanlah yang terluas.

Menurut Anggota Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan, pusat perbelanjaan terbesar dan terluas di Indonesia adalah Pakuwon Mall Surabaya.

Sama seperti Tunjungan Plaza 1-6, Pakuwon Mall Surabaya dibangun oleh pengembang PT Pakuwon Jati Tbk.

Menurut Stefanus yang juga merupakan Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, luas sewa efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 180.000 meter persegi atau 18 hektar.

"Dengan NLA seluas ini, menjadikannya sebagai mal terbesar dan terluas di Indonesia," kata Stefanus menjawab Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pakuwon Mall Surabaya berada di Surabaya Barat, dan merupakan pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi.

Warga mengenal mal ini sebagai Pakuwon Supermall. Predikat "super" dilekatkan karena selain sangat luas, juga pada awal dibangun tahun 2003, nama yang digunakan adalah Pakuwon Supermall.

Pakuwon Mall Surabaya merupakan bagian dari kawasan Pakuwon Mall Superblok seluas 30 hektar yang diirancang konsultan arsitektur kelas dunia, DP Architect Singapore.

Pada Februari 2017, Pakuwon Mall secara resmi dibuka sebagai pusat perbelanjaan internasional. Bukan tanpa alasan, karena banyak peritel asal mancanegara yang membuka gerainya di sini.

Misalnya Sogo Department Store, Lotte Mart, H&M, Uniqlo, Marks & Spencer, Hush Puppies, dan Starbucks.

Ada juga peritel lokal besar macam Matahari Department Store, Ace Hardware, Informa, Celebrity Fitness, Gramedia, Timezone, Cinema XXI, dan lebih dari 300 penyewa lainnya.

Selain toko-toko ini, Pakuwon Mall Surabaya juga menyediakan convention center, ballroom, dan atrium multifungsi.

Berikut daftar mal terluas di Indonesia:

1. Pakuwon Mall Surabaya

Berada di Pakuwon Mall Superblock seluas 30 hektar, luas NLA-nya mencapai 180.000 meter persegi.

Mal tahap pertama dirancang oleh frima arsitek dunia, Design Development Group (DDG) dari Baltimore, Amerika Serikat.

Pakuwon Mall pada awal berdiri tahun 2003, dikenal sebagai Supermall Pakuwon. Kemudian pengembangnya, PT Pakuwon Jati Tbk memperluas mal ini.

Mereka menggandeng DP Architects, firma arsitek asal Singapura sebagai perancang Pakuwon Mall ekstensi.

Pada Februari 2017, Pakuwon Mall secara resmi dibuka sebagai pusat perbelanjaan kelas dunia.

Selain itu, Pakuwon Mall juga dilengkapi dengan Convention Center, Ballroom, dan Atrium multifungsi untuk menyelenggarakan berbagai acara seperti konser, promosi, pertunjukan langsung, atau pertemuan perusahaan.

2. Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza adalah pusat perbelanjaan modern dan superblok pertama di Surabaya. Total luas bangunannya mencapai 175.000 meter persegi atau 17,5 hektar, dan berisi 600 toko atau tenant.

Fakta ini sekaligus menjadikan Tunjungan Plaza sebagai pusat perbelanjaan terluas kedua di Indonesia.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Mal Kelapa Gading merupakan salah satu pusat belanja yang paling ramai dikunjungi. Tercatat sekitar 100.000 orang yang datang setiap hari kerja dan 150.000 orang saat akhir pekan.

Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) adalah pusat perbelanjaan menengah atas seluas 150.000 meter persegi yang dikembangkan secara bertahap sejak tahun 1990.

PT Summarecon Agung Tbk mengusung konsep yang memadukan fashion dengan makanan serta pusat hiburan (Fashion-Food-Entertainment) guna memenuhi beragam kebutuhan masyarakat modern.

Summarecon Mall Kepala Gading berada di Sentra Kelapa Gading yang merupakan kawasan komersial terpadu seluas 20 hektar di Summarecon Kelapa Gading.

Di sekelilingnya terdapat tiga fasilitas komersial yang terintegrasi dan saling bersinergi, yaitu MKG, La Piazza, dan Gading Food City.

4. Grand Indonesia

Grand Indonesia adalah mal yang menawarkan pengalaman berbelanja internasional dengan beragam pilihan merek pakaian, restoran, dan hiburan.

Pusat perbelanjaan milik Djarum Group ini terdiri dari East Mall dan West Mall yang dihubungkan oleh Sky Bridge dengan total NLA 141.472 meter persegi.

Berada di lokasi paling terkenal dan prestisius di Jakarta Pusat, Bundaran HI, Grand Indonesia adalah pengembangan terintegrasi yang terdiri dari perkantoran premium Menara BCA, hotel bintang lima Hotel Indonesia Kempinski dan apartemen servis Kempinski Private Residences.

West Mall dibuka untuk umum pada April 2007 dan diikuti oleh East Mall pada Agustus 2007.

5. Mal Taman Anggrek

Pusat perbelanjaan ini dikembangkan oleh PT Mulia Inti Pelangi, anak usaha Mulia Group. Luas NLA-nya mencapai 130.000 meter persegi dan mencakup 7 lantai.

Mal Taman Anggrek berisi lebih dari 400 toko khusus berbagai merek internasional dan nasional.

Terdapat fasilitas seluncur es, bioskop multipleks, dan pusat kebugaran, termasuk atrium besar sebagai arena pameran dan pertunjukan.

Saat dibuka pada tahun 1996, Mal Taman Anggrek adalah pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/05/153649721/pakuwon-mall-surabaya-pusat-belanja-terluas-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke