Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek di Sini, Progres Jembatan Kretek Bagian Jalur Lintas Selatan

Jembatan dengan total panjang 2.015 meter ini membentang di atas Sungai Opak dan menghubungkan Desa Tirtohargo dengan Desa Parangtritis.

Sebagai informasi, pembangunan Jembatan Kretek 2 menggunakan anggaran Rp 364 miliar yang berasal dari loan Islamic Development Bank (IsDB).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Provinsi DI Yogyakarta Julian Situmorang mengatakan, saat ini progres konstruksi Jembatan Kretek 2 sudah mencapai 63,27 persen.

"Untuk progres pekerjaan, struktur bawah telah selesai semua, pondasi dan pier-nya," terangnya dikutip dari situs Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (1/12/2021).

Untuk saat ini, jembatan yang ditargetkan rampung pada Januari 2023 mendatang ini sedang dilakukan pengerjaan erection girder.

"Sementara pekerjaan aspal dan deck slab juga paralel kita kerjakan," ujar Julian.

Jembatan Kretek 2 akan memiliki 4 jalur dan 2 jalur. Nantinya akan terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki. Namun tidak berupa trotoar, melainkan pedestrian yang dipisahkan dengan barrier.

Jembatan ini menggunakan struktur atas PCI girder dengan bentang utama 40 meter dengan pondasi bored pile untuk jembatan utamanya.

Sementara untuk jembatan pendekat menggunakan slab on pile dengan pondasi tiang pancang yang berdiameter 80 centimeter.

Selain itu, jembatan ini nantinya juga akan dipercantik dengan ornamen khas DIY dan dilengkapi dengan artlighting.

Ornamen khas DIY yang dimaksud antara lain, Luku berbentuk seperti baja, ornamen burung di railling, dan konsep padi di Penerangan Jalan Umum (PJU)-nya.

"Selain ornamen, juga akan dipasang artlighting sepanjang jembatan utama sehingga permainan cahaya pada malam hari akan membuat jembatan ini akan terlihat lebih indah," pungkasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/01/133000621/cek-di-sini-progres-jembatan-kretek-bagian-jalur-lintas-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke