Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkom Bantu Pasarkan Homestay Mandalika via Booking Online

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan, homestay yang umumnya dimiliki masyarakat setempat harus menjadi tujuan para wisatawan untuk menginap.

Salah satu langkah yang akan dilakukan yaitu menyiapkan platform dan booking apps untuk menjangkau lebih luas orang serta memudahkan para pemesan yang ingin menginap.

"Kami akan mendukung pengelolaan homestay yang ada di sekitar kawasan mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps," kata Herlan dalam keterangannya, Jumat (05/11/2021).

Telkom berencana menghubungkan homestay di kawasan Mandalika dengan berbagai aplikasi pemesanan penginapan online milik TelkomGroup.

Beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Selain itu, sebagai dukungan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), TelkomGroup juga menyediakan Point of Sales (PoS) terutama bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage. 

Perusahaan akan terus memberikan dukungan pengembangan KSPN Mandalika terutama melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital di kawasan tersebut. 

Untuk diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga saat ini telah membanun sebanyak 300 unit Saranan Hunian Pariwisata (Sarhunta) atau homestay untuk mendukung pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika di NTB.

Kehadiran homestay diharapkan bisa menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke NTB selama ajang MotoGP berlangusng sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P), Kasi Wilayah 2 NTB Kementerian PUPR Dudi Mustofa mengatakan untuk memaksimalkan keberadaan Sarhunta, pihaknya juga akan bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) untuk menyiapkan paket bundling pariwisata.

Menurut Dudi dengan paket tersebut, maka homestay yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR akan semakin menarik dan memicu banyak pengunjung yang menginap.

"Kami beberapa kali sesuai dengan arahan Pak Menkomarves yang mendorong Garuda Indonesia itu untuk bundling tiket dengan homestay Sarhunta ini, jadi ada paket wisata ke Mandalika, dan menginapnya di Sarhunta," kata Dudi kepada wartawan di Kawasan Sarhunta Mandalika, Lombok, NTB, Kamis (04/11/2021).

Dudi menjelaskan hingga saat ini Garuda Indonesia tengah melakukan pendataan terkait mana saja Sarhunta yang dapat kesempatan untuk bundling tiket wisata tersebut.

Sarhunta yang akan diprioritaskan, telah memiliki fasilitas lengkap seperti AC dan Wifi.

Saat ini sedang dilakukan pendataan dari Garuda Indonesia. Jadi prioritas itu yang memang sudah fasilitasnya lengkap speerti AC dan Wifi.

"Karenanya tidak menutup kemungkinan ke depan, dari 300 rumah yang kita bangun semoga akan dilengkapi AC dan Wifi," ujarnya.

Sarhunta yang disediakan Kementerian PUPR memiliki lokasi yang strategis.

Jaraknya hanya 500 meter dari tiga spot pantai untuk selancar dan 30 meter dari pantai yang tepat berada di bagian kanan dan kirinya.

Hingga saat ini sudah terdapat sejumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang telah menginap di Sarhunta.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/06/070000621/telkom-bantu-pasarkan-homestay-mandalika-via-booking-online-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke