Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Rumah Anda Rapi? Ini Ide Tempat Penyimpanan Multifungsi

Namun, ada juga yang sengaja membeli ruang penyimpanan agar rumah tetap teratur dan terlihat rapi.

Tempat penyimpanan tidak hanya membantu Anda menjaga rumah tetap teratur, tetapi juga menambah nilai estetika dan bahkan terkadang dapat meningkatkan nilai rumah.

Tempat penyimpanan barang yang tidak sesuai dengan kondisi bisa membuat rumah menjadi semakin penuh dan terkesan berantakan.

Untuk itu, Anda harus memilih tempat penyimpanan barang yang tepat. Berikut ini beberapa yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih tempat pemyimpanan:

1. Rak buku

Selain fungsinya untuk menyimpan buku, rak buku bisa dijadikan barang dekoratif di dalam rumah.

Anda bisa mendapatkan rak buku dalam berbagai ukuran, tergantung pada seberapa banyak ruang yang Anda gunakan dan jumlah buku yang dimiliki.

Dengan memakai rak dan penyimpanan ini, buku-buku Anda akan lebih terorganisasi dan lebih enak dipandang. Anda pun tak perlu kerepotan mencari buku yang akan dibaca.

2. Lemari pakaian

Tempat penyimpanan ini diperlukan ketika Anda memiliki barang untuk digantung, dilipat dengan rapi, atau hanya diletakkan begitu saja.

Lemari pakaian, salah satu fungsinya membuat ruangan terlihat rapi, dan orang dapat dengan mudah menghindari mengotori ruangan dengan pakaian, sepatu, dan tas yang hanya ditaruh bergeletakan.

Lemari pakaian ada yang berbahan kaca dan kayu. Lemari berbahan kaca lebih tahan lama, estetis, tidak mudah di gerogoti oleh serangga atau diserang oleh hewan pengerat.

Lemari kaca juga berfungsi sebagai cermin tambahan di dalam ruangan. Pintu kaca biasanya dibuka ke samping untuk akses ke lemari.

Selain itu, lemari kayu relatif tahan lama tergantung pada jenis kayu yang digunakan. Lemari biasanya dianggap awet untuk lemari pakaian, raletif mahal harganya.

Sayangnya, lemari kayu mudah terkena serangga dan hewan pengerat. Penyerbu ini cenderung menghancurkan barang-barang di penyimpanan.

3. Kabinet

Kabinet memiliki bentuk yang menyerupai lemari pakaian, tetapi perbedaannya ada pada jumlah tempat untuk menyimpan barang.

Secara umum, setiap kabinet memiliki lebih dari dua tempat penyimpanan. Kabinet biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti perkakas.

Kabinet mempunyai dua bentuk, tertutup dan tembus pandang. Jika Anda ingin ruangan terlihat lebih rapi, Anda bisa menggunakan kabinet tertutup.

Namun, jika Anda ingin menemukan lebih cepat barang yang dicari bisa menggunakan cabinet yang transparan.

4. Bangku ottoman

Ottoman telah tersedia sebagai furnitur rumah selama bertahun-tahun, tetapi belakangan ini, mereka telah menjadi pilihan populer untuk furnitur penyimpanan rumah.

Bangku tersebut juga populer digunakan sebagai meja kopi atau hanya untuk ruang duduk tambahan. Ottoman datang hadir dalam beberapa ukuran, kecil, sedang dan besar.

Banyak bangku ottoman yang dirancang sebagai ruang penyimpanan serbaguna maupun  pijakan kaki.

Selain sebagai tempat duduk ekstra kasual dan ruang penyimpanan tersembunyi, ottoman juga memiliki nilai estetika yang tinggi. 

5. Rak

Rak merupakan jenis furnitur penyimpanan yang paling banyak digunakan. Rak biasanya terbuka, berlapis-lapis, dengan atau tanpa pintu.

Biasanya dibuat dengan bahan yang kuat untuk mencegah lapisan bergeser karena menahan berat barang yang diletakkan di atasnya.

Rak juga dirancang dalam berbagai ukuran untuk mengakomodasi berbagai jenis barang.

Rak biasanya dibaut ke tanah atau dilekatkan ke langit-langit, atau dipaku ke dinding untuk mencegahnya jatuh.

Setiap lapisan rak harus dipasang dengan kencang dan tidak boleh dipasang sedemikian rupa sehingga dapat menghalangi pemindahan barang atau penggantiannya.

Barang-barang di rak harus diberi jarak agar tidak tergencet dengan barang yang lain dan memudahkan Anda untuk mengambilnya.

6. Laci

Laci berguna untuk menyimpan barang-barang kecil yang tidak mudah rusak ketika akan disimpan.

Barang-barang yang disimpan di dalam laci cenderung bergerak dari satu sisi ke sisi lain saat laci dibuka, dan tidak cocok untuk menyimpan barang-barang rapuh.

Bagian dalam laci dapat dilapisi dengan busa poliasetilen untuk bantalan, guna mencegah getaran dan guncangan barang-barang di dalam laci.

Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan lapisan ganda poliasetilen dan memotong area yang memungkinkan objek tenggelam ke dalam bentuk potongan.

Laci eksklusif dilengkapi dengan penutup untuk mencegah barang rusak karena debu. Laci ditumpuk di lemari dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Laci ini cocok untuk menyimpan barang-barang yang perlu disimpan datar seperti alat tulis, barang meja kantor, perhiasan.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/14/220000821/ingin-rumah-anda-rapi-ini-ide-tempat-penyimpanan-multifungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke