Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk Kembangkan SPAM di Manado

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara PT Potum Mundi Infranusantara, PT Alam Wiratama Kencana (AWK) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Manado.

“Melalui penandatanganan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan air minum daerah, khususnya Kota Manado dalam hal pemenuhan kebutuhan air minum untuk masyarakat," kata Direktur PT Potum Mundi Infranusantara Donny P Suleiman dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Kebutuhan air minum selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat.

Untuk itu, penyediaan air minum sangat krusial dibutuhkan agar dapat melayani berbagai keperluan masyarakat.

Di samping itu, pelayanan air bersih di Kota Manado hingga saat ini baru mencapai 20 persen. "Jadi selanjutnya kami akan membentuk konsorsium. Melalui kerjasama dengan konsorsium Potum dan AWK, diharapkan kebutuhan pelayanan air bersih dari PDAM tersebut dapat terpenuhi seluruhnya," tutur Donny.

Penandatangan MoU ini merupakan awal mula kontribusi Perusahaan yang terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan SPAM di Kota Manado mulai dari kapasitas eksisting 500 liter per detik dengan menggunakan teknologi non-chemical.

Proyek ini diharapkan dapat menjadi investasi yang menguntungan tidak hanya bagi Perusahaan namun juga dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat, PDAM dan Pemerintah Kota Manado serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Saat ini Potum telah mengoperasikan tiga instalasi pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant (WTP) dengan total kapasitas 2.025 liter per detik melalui PT Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) yang terletak di Serang, Banten,  PT Dain Celicani Cemerlang (DCC) di Medan, Sumatera Utara dan PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (TKCM) di Cikokol, Tangerang, Banten.

"Air bersih yang dihasilkan ketiga WTP tersebut kemudian disalurkan melalui PDAM setempat untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan, sekaligus mendukung program pemerintah dalam menanggulangi krisis air bersih yang berkembang di Indonesia," pungkasnya. 

https://www.kompas.com/properti/read/2021/09/23/180000521/anak-usaha-pt-nusantara-infrastructure-tbk-kembangkan-spam-di-manado

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke