Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Temanggung Punya Empat Destinasi Wisata Baru, Ini Penampakannya

Keempat destinasi wisata di daerah itu yang telah rampung direvitalisasi yaitu Sirkuit Kedungrejo, Sendang Sengon, Tuk Mulyo, dan Makan Makukuha.

Revitalisasi keempat destinasi wisata ini dilaksanakan pada Tahun Anggaran (TA) 2020 dan saat ini siap diresmikan.

Selain itu, revitalisasi tersebut sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) pada Februari 2021 lalu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, revitalisasi destinasi wisata ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan.

Diana menuturkan, pembangunan sarana dan prasarana yang memadai bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dan memudahkan akses bagi pengunjung.

Revitalisasi wisata Sirkuit Kedungrejo di Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan dilaksanakan pada 6 Juli-2 November 2020 dengan anggaran Rp 1,59 miliar.

Lingkup pekerjaan revitalisasi ini meliputi pekerjaan parkir, jembatan, pedestrian, area bordes, tangga, pendopo, lavatory, railing tangga, tiang lampu, serta pekerjaan mekanikal elektrikal plumbing (MEP).

Pekerjaan revitalisasi Sendang Sengon meliputi kios area parkir, lampu, tanaman, toilet, kolam, jalan setapak, serta MEP.

Selain itu Kementerian PUPR juga merevitalisasi objek wisata alam lainnya di Temanggung yakni Tuk Mulyo di Desa Pandemulyo.

Revitalisasi ini dilaksanakan pada 28 April-Agustus 2020 dengan anggaran sebesar Rp 2,29 miliar.

Kegiatan revitalisasi ini di antaranya pekerjaan main entrance dan parkir, pedestrian dan talud, kantor pengelola dan toilet, pendopo, kolam air, deck pandang, lanskap, signage, dan MEP.

Lingkup pekerjaan revitalisasi ini berupa parkiran, jembatan, pedestrian, area bordes, tangga, pendopo, lavatory, signage, serta MEP.

Revitalisasi Makam Makukuhan ini diharapkan menciptakan objek wisata yang mempunyai nilai sejarah serta selaras dengan budaya dan alam.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan Kementerian PUPR dalam rangka mendukung program Kabupaten Temanggung.

“Kabupaten Temanggung memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, termasuk wisata desa sebagai jembatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Khadziq.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/05/31/160000521/temanggung-punya-empat-destinasi-wisata-baru-ini-penampakannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke