Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Live Streaming MotoGP Portugal, Balapan Sulit di Sirkuit Roller Coaster

Kompas.com - 18/04/2021, 16:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Balapan utama (race) MotoGP Portugal 2021 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, bakal berlangsung pada Minggu (18/4/2021) malam WIB.

Pada balapan MotoGP Portugal 2021 ini, para rider akan menemui tantangan tersindiri.

Sebab, Sirkuit Internasional Algarve yang ditunjuk sebagai venue MotoGP Portugal 2021 memiliki ciri khas yang bisa menyulitkan para pebalap, termasuk dari kelas utama MotoGP.

Pada musim lalu, salah satu pebalap MotoGP, Fabio Quartararo, pernah menyebut trek balap di Sirkuit Internasional Algarve seperti roller coaster karena memiliki kontur naik-turun.

Baca juga: MotoGP Portugal, Marc Marquez Sudah Mulai Lancarkan Serangan Mental

"Saya ingat, trek itu seperti roller coaster, dengan bagian menanjak diikuti dengan bagian menurun. Saya tidak sabar untuk kembali," kata Quartararo jelang balapan MotoGP Portugal musim lalu, dikutip dari PaddockGP.

Trek balap yang disebut seperti roller coaster memang melekat pada Sirkuit Internasional Algarve.

Dalam laman resmi MotoGP tertulis bahwa kontur "ombak" di Sirkuit berjarak 4,6 kilometer itu menjadi sensasi tersendiri bagi para pebalap dan penggemar MotoGP.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa Sirkuit Internasional Algarve memiliki 15 tikungan, dengan rincian sembilan ke kanan, dan enam ke kiri.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2021 - Quartararo Pole Position, Marquez?

Kontur "ombak" sudah bisa dirasakan para pebalap sejak Tikungan 1. Di sana, para rider akan menemukan turunan setelah melalui trek lurus panjang.

Pebalap Repsol Honda yang baru kembali dari cedera, Marc Marquez, sempat kesulitan ketika melalui Tikungan 1 Sirkuit Internasional Algarve.

Pada sesi latihan bebas pertama atau FP1 MotoGP Portugal, Jumat (16/4/2021), dia beberapa kali gagal menikung dengan sempurna.

Pebalap berjulukan The Baby Alien itu membutuhkan beberapa percobaan sebelum terbiasa dengan kontur naik-turun dan tikungan di Sirkuit Internasional Algarve.

Baca juga: MotoGP Portugal 2021, Marc Marquez: Saya Tak Akan Menikmati Balapan

Adapun balapan MotoGP Portugal 2021 di sirkuit roller coaster ini bakal dipimpin oleh Fabio Quartararo yang pada musim ini membalap bersama tim Monster Energy Yamaha.

Berdasarkan hasil kualifikasi, Fabio Quartararo merebut pole position dan berhak mengisi barisan pertama bersama Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Johann Zarco (Pramac Racing).

Selanjutnya, di belakang mereka terdapat nama Jack Miller (Ducati), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Sementara itu, Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang berstatus juara dunia musim 2020 akan memulai balapan MotoGP Portugal dari barisan ketiga, terpatnya urutan kesembilan.

Baca juga: Starting Grid MotoGP Portugal 2021 - Quartararo Terdepan, Marquez Baris Kedua

Di belakang Joan Mir, masih terdapat sejumlah nama besar seperti Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), hingga pebalap veteran, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT).

Balapan MotoGP Portugal 2021 bisa disaksikan secara langsung di saluran televisi nasional, Trans 7, mulai pukul 19.00 WIB.

Selain itu, balapan juga bisa disaksikan melalui link live streaming MotoGP berikuti ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com