Kompas.com - 18/04/2021, 14:20 WIB
Johann Zarco saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) KARIM JAAFARJohann Zarco saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

KOMPAS.com - Kemampuan sepeda motor untuk melaju kencang di lintasan menjadi sasaran utama sebuah manufaktur ketika memproduksi unit motor balap di ajang MotoGP.

Dalam membangun sebuah unit motor kategori prototype, beragam komponen serta faktor menjadi pertimbangan demi meraih kecepatan maksimal.

Bahkan, seiring perkembangan waktu catatan laju motor balap di ajang MotoGP sudah jauh melampaui rekor kecepatan dibandingkan pendahulunya.

Sebagai perbandingan, sepeda motor dalam ajang balap pertama yang tercatat digelar di Surrey, Inggris hanya mampu menyentuh kecepatan sekitar 43 kilometer per jam (kpj).

Kini, sebuah motor balap di kelas MotoGP mampu melaju hingga 362,4 kpj yang dicatatkan unit Ducati Desmosedici GP dengan pebalap Johann Zarco pada 27 Maret 2021 di sirkuit Losail, Qatar.

Angka tersebut diketahui hampir melebihi hingga dua kali lipat kecepatan rata-rata sebuah unit motor balap kelas MotoGP di lintasan.

Baca juga: Jenis-jenis Penalti dalam Balapan MotoGP

Dilansir dari laman Box Repsol, kecepatan rata-rata sebuah motor balap di ajang MotoGP berada pada kisaran 160 hingga 185 kpj.

Tercapainya kecepatan maksimal sebuah motor balap dipengaruhi dengan kondisi motor, cuaca, hingga tipe serta karakter lintasan balap.

Rekor kecepatan sebuah sepeda motor balap di kelas MotoGP sendiri menimbulkan kekaguman sekaligus kekhawatiran bagi para pebalap.

Seperti disampaikan oleh pebalap Petronas Yamaha SRT asal Italia, Valentino Rossi, mengenai pencapaian Johann Zarco di Sirkuit Losail.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X