Kompas.com - 10/04/2021, 15:40 WIB
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, menyalip Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020. AFP/JOSE JORDANPebalap Repsol Honda, Alex Marquez, menyalip Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Seorang pebalap di ajang MotoGP membutuhkan sebuah motor untuk bersaing di lintasan selama satu musim kompetisi.

Bukan hanya sekadar motor balap biasa, ajang balap di tingkat teratas seperti MotoGP membutuhkan spesifikasi motor berbeda dibandingkan kejuaraan lainnya.

Tingkat spesifikasi motor balap sebuah tim menyesuaikan dengan sasaran berkompetisi setiap musim sekaligus berada dalam koridor regulasi penyelenggara ajang MotoGP.

Seperti dilansir laman The Race, sebuah unit motor balap di kelas MotoGP memiliki banderol harga sekitar 2 hingga 4 juta euro (sekitar 34,8 hingga 69,6 miliar rupiah).

Rentang harga tersebut ditentukan oleh paket spesifikasi seperti mesin, sasis, suspensi, hingga perangkat pengereman dan elektronik dari sebuah manufaktur.

Masing-masing komponen motor tersebut memiliki biaya pembuatan, termasuk juga penelitian dan pengembangan untuk mencapai performa yang diinginkan.

Baca juga: Profil Jack Miller, Penerus Casey Stoner yang Sempat Hadirkan Kontroversi di MotoGP

Sebagai gambaran, rangkaian mesin kelas atas untuk motor balap di kelas MotoGP berada di kisaran 200 ribu hingga 250 ribu euro (hampir setara 3,48 hingga 4,35 miliar rupiah).

Dilansir dari laman Box Repsol, kompoenen lain dari sepeda motor balap di kelas MotoGP memiliki harga beragam.

Perangkat rem misalnya bisa menyentuh harga 70 ribu euro (sekitar 1,2 miliar rupiah), sementara rangkaian pengendali elektronik (ECU) dan modulnya dapat mencapai kisaran banderol 100 ribu euro (hampir setara 1,73 miliar rupiah).

Jadi, tidak mengherankan juga apabila biaya perbaikan sebuah motor ketika terjatuh di lintasan atau mengalami tabrakan terbilang besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X