Kompas.com - 18/04/2021, 15:20 WIB
Kiper Manchester United, David de Gea, menangkap bola saat tampil pada pertandingan Grup G Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG)di Stadion Parc des Princes, Rabu (20/10/2020).  FRANCK FIFE/AFPKiper Manchester United, David de Gea, menangkap bola saat tampil pada pertandingan Grup G Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG)di Stadion Parc des Princes, Rabu (20/10/2020).

KOMPAS.com - Permainan sepak bola melibatkan dua tim yang bertanding di lapangan, dengan masing-masing beranggotakan 11 orang pemain.

Ketetapan posisi penjaga gawang dalam permainan sepak bola baru muncul pada 1871, dengan tugas khusus memegang bola untuk melindungi gawang.

Berdasarkan peraturan permainan sepak bola sesuai ketetapan Asosiasi Dewan Sepak Bola Internasional (IFAB), salah satu pemain dari tiap tim merupakan penjaga gawang atau kiper.

Dalam buku peraturan yang sama, disebutkan pula kewajiban seorang penjaga gawang untuk mengenakan seragam dengan warna berbeda dibandingkan pemain lain dan perangkat pertandingan (wasit).

Selain itu, seorang penjaga gawang atau kiper diperkenankan untuk mengenakan bawahan (celana) berukuran lebih panjang dibandingkan rekan setim lainnya.

Kelengkapan lain bagi seorang penjaga gawang dalam permainan sepak bola adalah sarung tangan (gloves), sehingga dapat mencengkeram bola lebih baik dan mencegah cedera.

Baca juga: Macam-macam Gelandang dalam Sepak Bola dan Tugasnya

Terkait perbedaan warna kostum penjaga gawang dalam permainan sepak bola dengan rekan setim lainnya, ada tiga sebab umum seperti dilansir dari laman Sports Rec.

  • Faktor pembedaan warna

Penggunaan warna berbeda pada kostum kiper dengan rekan setimnya, memudahkan wasit mengamati situasi dalam kotak penalti ketika pertandingan bergulir.

Warna kostum penjaga gawang yang berbeda dibandingkan pemain lain memang bertujuan mengurangi kesalahan wasit dalam mengidentifikasi pemain dalam permainan.

Utamanya saat terjadi situasi kemelut di dalam kotak penalti maupun di dekat gawang, sehingga wasit bisa menentukan adanya pelanggaran atau ketika pemain selain penjaga gawang kedapatan menyentuh bola.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X