Kompas.com - 14/04/2021, 22:30 WIB
Penyerang Prancis Fiorentina Franck Ribery (kiri) dan penyerang Juventus dari Brasil Douglas Costa mengejar bola selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Fiorentina vs Juventus pada 14 September 2019 di stadion Artemio-Franchi di F AFP/VINCENZO PINTOPenyerang Prancis Fiorentina Franck Ribery (kiri) dan penyerang Juventus dari Brasil Douglas Costa mengejar bola selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Fiorentina vs Juventus pada 14 September 2019 di stadion Artemio-Franchi di F

KOMPAS.com - Permainan sepak bola menuntut dua tim beranggotakan masing-masing 11 orang untuk mencari selisih gol untuk memenangkan pertandingan.

Untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, sebuah tim harus membangun serangan menuju wilayah permainan lawan.

Begitu juga ketika melindungi area permainan sendiri ketika mengalami tekanan atau disebut juga sebagai upaya bertahan.

Dalam mencapai tujuan menyerang untuk mencetak gol maupun melakukan upaya bertahan dari tim lawan, perlu ada taktik dan strategi tepat.

Penyusunan dasar strategi permainan sepak bola sebaiknya adalah setelah taktik, tepatnya pelatih menjelaskan formasi (taktik) terlebih dahulu, kemudian memilih strateginya.

Mengutip dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) oleh Ketut Chandra Adinata Kusuma, terdapat empat macam strategi permainan sepak bola.

Keempat strategi itu adalah menjaga pemain lawan, menjaga area sendiri, strategi menekan lawan, dan menunda tekanan pada lawan.

Baca juga: Macam-macam Gelandang dalam Sepak Bola dan Tugasnya

Pengertian dan penerapan strategi fall back

Strategi untuk menunda tekanan pada lawan dalam permainan sepak bola juga disebut dengan istilah fall back.

Bentuk strategi ini dilakukan dengan tidak menekan lawan hingga wilayah sekitar garis tengah lapangan permainan sepak bola.

Fall back juga bisa dipakai sebagai dasar membangun serangan ketika melawan tim yang lebih kuat dari segi teknis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X