Kompas.com - 13/04/2021, 20:20 WIB
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, memberikan instruksi kepada gelandang Christian Eriksen pada laga Coppa Italia kontra Fiorentina di Stadion Giuseppe Meazze, Milan, Kamis (30/1/2020) dini hari WIB. AFP/MIGUEL MEDINAPelatih Inter Milan, Antonio Conte, memberikan instruksi kepada gelandang Christian Eriksen pada laga Coppa Italia kontra Fiorentina di Stadion Giuseppe Meazze, Milan, Kamis (30/1/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Sepak bola membagi posisi pemain menjadi tiga bagian yaitu lini belakang, tengah, dan depan sesuai keberadaannya di lapangan.

Deretan pemain di lini tengah dalam susunan tim sepak bola memiliki tugas ganda, yakni terlibat aktif ketika bertahan maupun menyerang.

Pemain yang menjelajah lapangan dengan radius yang lebih luas serta mempunyai tugas membangun serangan dan harus ikut dalam bertahan jika timnya mendapat tekanan dari lawan adalah gelandang.

Gelandang, atau juga disebut midfielders secara universal, dituntut memiliki kemampuan seimbang dalam hal tekel, menggiring bola, mengoper, hingga melakukan tendangan ke gawang.

Adapun kemampuan teknik seorang gelandang dalam permainan sepak bola membuatnya dapat menjalankan peran atau tugas secara khusus.

Ragam peran gelandang dalam sepak bola antara lain gelandang tengah, gelandang serang, gelandang bertahan, gelandang sayap, hingga box-to-box midfielder.

Baca juga: Kenapa Sepak Bola Jepang Bisa Maju?

  • Gelandang tengah

Gelandang tengah adalah pemain yang perannya terbagi rata, antara menyerang dan bertahan, untuk sebuah tim dalam permainan sepak bola.

Pemain dengan peran sebagai gelandang tengah memiliki kemampuan mengoper bola kepada gelandang serang atau di lain kesempatan menutup pergerakan pemain lawan.

Tugas seorang gelandang tengah tidak diatur secara spesifik dan biasanya muncul dalam formasi 4-3-3, 4-5-1, atau 4-3-2-1.

  • Gelandang serang

Gelandang serang merupakan pemain tengah yang memiliki tugas atau menempatkan diri lebih banyak untuk terlibat dalam pola penyerangan ke gawang lawan.

Baca juga: Apa itu Gelandang Pengangkut Air?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X