Kompas.com - 18/04/2021, 15:40 WIB
Khabib Nurmagomedov merayakan kemenangan atas Dustin Poiriern pada pertarungan UFC 242 yang digelar di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 7 September 2019. AFP/GETTY IMAGES/FRANCOIS NELKhabib Nurmagomedov merayakan kemenangan atas Dustin Poiriern pada pertarungan UFC 242 yang digelar di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 7 September 2019.

KOMPAS.com - Khabib Nurmagomedov merupakan salah satu petarung terhebat dalam sejarah ajang mixed martial arts (MMA) bergengsi, Ultimate Fighting Championship atau UFC.

Khabib tercatat sebagai pemegang sabuk juara divisi kelas ringan dengan durasi terlama yaitu dari April 2018 hingga Maret 2021.

Sepanjang kariernya di dunia MMA, pria kelahiran Dagestan, Rusia, itu mengukir rekor tak terkalahkan berupa 29 kemenangan.

Pertarungan terakhir Khabib Nurmagomedov adalah menghadapi Justin Gaethje pada UFC 254 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 24 Oktober 2020.

Pada duel tersebut, Khabib berhasil mengalahkan Gaethje melalui submission ronde kedua.

Baca juga: Profil Thomas Tuchel, Pelatih yang Membawa Chelsea Bangkit

Setelah menaklukkan Justin Gaethje, Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun dari UFC.

Tak hanya dikenal dengan kemampuannya di atas oktagon, Khabib juga merupakan seorang atlet yang kerap melontarkan kalimat inspiratif.

Berikut adalah kata-kata bijak dan inspiratif yang pernah diucapkan oleh Khabib Nurmagomedov, sebagaimana dikutip dari BrainyQuotes dan Sportskeeda.

1. "Saya tidak bertarung demi uang. Saya bertarung untuk warisan saya. Saya bertarung untuk sejarah. Saya bertarung untuk orang-orang saya."

2. "Saya ingin tetap rendah hati, tetapi saya harus berbicara karena orang lain terlalu banyak bicara."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X