Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarwendah Bakal Laporkan Haters yang Sebarkan Hoaks tentangnya

Kompas.com - 15/05/2024, 17:46 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Sarwendah Tan akan melaporkan haters yang menyebarkan hoaks tentangnya ke polisi jika tidak meminta maaf ke publik selama 3 x 24 jam.

Kuasa hukum Sarwendah, Chris Sam Siwu mengatakan, ada lima pemilik akun yang dinilai menggiring opini hingga menjurus ke pencemaran nama baik.

“Ya tadi sudah disampaikan ada dugaan pasalnya terkait dugaan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) kalau pun ternyata pelaku-pelaku tidak melakukan hal yang sifatnya permintaan maaf. Secara terbuka juga, kami dengan berat hati akan melakukan pelaporan,” ujar Chris di daerah Kedoya Panjang, Jakarta Barat, Rabu (15/5/2024).

Baca juga: Gara-gara Konten Hoaks Haters, Anak-anak Sarwendah Sampai Konsultasi ke Psikolog

Chris mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan beberapa akun yang sengaja mem-framing kedekatan Sarwendah dengan Betrand Peto ke arah yang negatif.


Untuk saat ini ada lima akun yang disomasikan di antaranya akun TikTok cancer @andai05065, sukabakso @_ayya04, jayamulya@kobil, fullcekbio @full.cek.bio, dan J2_p @J2_hps.

“Jadi jelas dari klien kami masih membuka pintu maaf kepada pihak-pihak yang sering framing, karena kami sudah pelajari ada akun-akun yang secara sengaja mem-framing klien kami yang kami lagi perhatikan dulu dan jika memang cukup bukti kami langsung laporkan,” kata Chris.

Baca juga: Somasi Haters Penyebar Hoaks, Sarwendah: Sudah Mengganggu Saya dan Anak-anak

Chris juga mengimbau kepada haters untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial.


Ia berharap dengan adanya somasi ini tidak ada lagi haters yang berkomentar negatif, bahkan memfitnah Sarwendah dengan Betrand Peto.

“Tetapi bagi yang melakukan komentar negatif mohon lebih bijak lagi dalam bersosial media karena implikasi dari jejak digital tak bisa dihilangkan. Nah ini yang sama-sama kita jaga,” ucap Chris.

“Jadi Sarwendah ini bukannya mau hal kecil dibesarkan, ini sudah tahunan. Karena ini sudah tahunan jadi butuh klarifikasi yang jelas,” tutur Chris.

Sebagai informasi, Sarwendah sempat dikabarkan menggugat cerai Ruben Onsu.

Sarwendah dikabarkan melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Informasi ini dikuatkan setelah pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membenarkan rumor Ruben Onsu digugat seorang perempuan yang akhirnya dikait-kaitkan dengan Sarwendah.

Sarwendah pun merasa resah dengan kabar tersebut pun langsung menunjuk kuasa hukumnya, Chris Sam Siwu, untuk memberikan klarifikasinya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Chris membantah Sarwendah melayangkan gugatan terhadap suaminya, Ruben Onsu, ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Chris pun sudah mengonfirmasi langsung ke wakil kepala Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Kami meminta klarifikasi kepada pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena kemarin beredar ada informasi video yang mengatakan Sarwendah mengajukan gugatan,” ujar Chris di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2024).

“Kami tolak dengan tegas dan kami sudah mendapat konfirmasi dari wakil ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak pernah ada gugatan terhadap RO (Ruben Onsu). Jadi salah besar,” lanjut Chris.

Menurut Chris, kabar gugatan yang dilayangkan terhadap Ruben Onsu adalah fitnah yang tidak mendasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com