Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 07:39 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aamir Khan Productions dan Viacom 18 Studios melalui Paramount Pictures akhirnya merilis Laal Singh Chaddha di bioskop Indonesia pada Kamis, (11/8/2022).

Laal Singh Chaddha merupakan remake dari film asal Amerika Serikat, Forrest Gump (1994) yang berdasarkan sebuah novel 1986 karya Winston Groom dan Eric Roth dengan judul yang sama.

Sebagai informasi, Forrest Gump karya Robert Zemeckis banyak mendapatkan penghargaan, salah satunya Oscar ke-67 sebagai Aktor Terbaik (Tom Hanks), Sutradara Terbaik (Robert Zemeckis), dan Penyuntingan Film Terbaik (Arthur Schmidt).

Baca juga: Sinopsis Laal Singh Chaddha, Forrest Gump Versi India

Ada juga Film Terbaik (Wendy Finerman, Steve Starkey, dan Steve Tisch), Efek Visual Terbaik (Ken Ralston, George Murphy, Allen Hall dan Stephen Rosenbaum), dan Penulisan Terbaik - Skenario Adaptasi (Eric Roth).

Bergenre drama komedi dan disutradari Advait Chandan, Laal Singh Chaddha dibintangi Aamir Khan, Kareena Kapoor, Naga Chaitanya dan Mona Singh.

Dalam proyek ini, Aamir Khan memproduseri langsung Laal Singh Chaddha bersama Kiran Rao dan Ajit Andhare.

Ditulis oleh Atul Kulkarni, kisah dari film tersebut sangatlah sederhana. Bercerita tentang pengalaman hidup seorang pria bernama Laal Singh Chaddha (Aamir Khan) dalam beberapa dekade terakhir.

Baca juga: Sinopsis Forrest Gump, Tom Hanks Berperan sebagai Pria dengan IQ Rendah

Laal Singh Chaddha mengungkapkan renungan Forrest Gump tentang kehidupan, cinta, moralitas, dan takdir.

Jika Forrest Gump menyampaikan hal-hal baik dengan cara yang lembut, Laal Singh Chaddha sedikit menaikan emosional penonton.

Sepanjang film, Aamir Khan secara terus-menerus memperlihatkan mata lebar, sedikit berbicara, hingga bahasa tubuh yang hampir mirip dengan PK, film yang juga dibintangi Aamir Khan.

Tidak lupa, Aamir Khan selalu bergumam seperti ‘hmmm’ kepada lawan bicaranya dan itu menjadi ciri khas dari sosok Laal itu sendiri.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Sweet Home Alabama - Lynyrd Skynyrd, OST Film Forrest Gump

Meski ada beberapa peristiwa dan latar tempat yang berbeda dari Forest Gump, film tersebut tetap mempertahankan esensi, yakni dongeng selayaknya cerita Disney dari Laal kepada sejumlah penumpang kereta api.

Ya, hal tersebut mengingatkan penonton dengan Ammir Khan saat memerankan Sanjay secara total dalam Ghajini (2008), sebuah film remake dari Memento (2000).

Mengadaptasi karya klasik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, remake Forrest Gump tampaknya lebih rumit mengingat plot cerita yang berkelok-kelok, tetapi sederhana terhadap kehidupan dan tujuan Laal itu sendiri.

Tetapi, Atul Kulkarni berhasil menyelaraskan cerita Forrest Gump dalam konteks sosial, politik, dan budaya di India.

Baca juga: Pilih Burung Gereja sebagai Judul Lagu, Dul jaelani Terinspirasi Forrest Gump

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com