Kompas.com - 09/08/2022, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena publik figur yang mulai blak-blakan membongkar masalah rumah tangganya ke media sosial atau ke ruang publik kini semakin banyak terjadi.

Lantas bagaimana psikolog menanggapi fenomena para artis curhat di media sosial? Apakah memiliki dampak negatif bagi keutuhan rumah tangga?

Berikut rangkumannya:

1. Peringatan hubungan tidak harmonis

Menurut psikolog Intan Erlita, kurangnya komunikasi antar anggota keluarga menjadi penyebab banyaknya artis curhat di media sosial.

Baca juga: Psikolog Miris Melihat Banyak Artis Curhat Masalah Keluarga di Media Sosial

Namun keputusan untuk meluapkan cerita pribadi ke ranah publik justru akan memberikan dampak negatif bagi keharmonisan keluarga.

"Ini sebenarnya semacam alarm bahwa di keluarganya itu komunikasi enggak berjalan baik dan ini bisa ber-impact pada keharmonisan rumah tangga atau keluarganya," kata Intan Erlita saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/8/2022).

2. Tidak punya waktu

Selain soal komunikasi, ada satu hal lain yang menyebabkan para figur publik lebih memilih curhat ke media sosial.

Baca juga: Fenomena Artis Umbar Masalah Keluarga ke Media Sosial, Psikolog: Ini Semacam Alarm

"Tidak ada waktu, sehingga salah satu pihak harus mencari perhatian," kata Intan Erlita.

Menurut Intan, siapa pun itu, baik kalangan artis atau bukan, yang mengumbar masalahnya ke media sosial hanya ingin suaranya didengar oleh keluarganya.

"Dengan harapan, ketika (masalah) sudah ter-up (di media sosial), orang yang bersangkutan memberikan attention-nya sama dia," tutur Intan Erlita.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.