Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Irfan Hakim Masuk Rumah Sakit, Apa Itu One Chip Challenge?

Kompas.com - 09/06/2022, 13:38 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - One Chip Challenge kembali dibicarakan karena presenter Irfan Hakim menambah daftar panjang orang yang dilarikan ke rumah sakit karena keripik pedas itu.

Irfan diketahui mendapat perawatan darurat di rumah sakit setelah memakan keripik pedas One Chip Challenge dari YouTuber Tanboy Kun.

Tak hanya Irfan, dua orang timnya juga ikut mencoba. Walaupun tidak sampai pingsan dan segera dilarikan ke rumah sakit, Irfan merasa sangat lemas.

Sebelum Irfan Hakim, tantangan ini pun pernah memakan korban. Setidaknya tiga siswa sekolah menengah di California harus dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Cerita Irfan Hakim dan Timnya Dilarikan ke RS gara-gara Makan Keripik Pedas Tantangan Tanboy Kun

Apa itu One Chip Challenge?

Merupakan jenis keripik tortila dari merek Paqui. Keripik Paqui masing-masing diresapi dengan paprika asli, seperti cabai, jalapenos, serta ghost pepper yang diklaim sebagai cabai terpedas di dunia.

Namun, untuk jenis #OneChipChallenge, Paqui merilis sederet keripik yang dibuat dengan Carolina Reaper dan paprika Scorpion.

Carolina Reaper adalah lada terpedas di dunia dengan 1.569.300 satuan panas Scoville per lada.

Sedangkan lada Scorpion tidak jauh di belakang dengan 1.463.700 unit panas Scoville per lada.

Baca juga: Tanboy Kun Panik Lihat Tim Irfan Hakim Tumbang gara-gara Tantangan Keripik Pedas

Untuk infromasi, satuan panas Scoville, juga dikenal sebagai Scoville Heat Units (SHU), hanyalah ukuran berapa kali capsaicin perlu diencerkan dengan air gula.

Jumlah SHU dalam lada atau bahkan saus pedas menunjukkan jumlah capsaicin yang ada. Semakin tinggi peringkat Scoville, semakin pedas ladanya.

Menurut situs web Paqui, keripik itu digambarkan oleh perusahaan sebagai "keripik yang menggiurkan dan mengundang kutukan yang dibuat dengan cabai terpedas di planet ini".

Tantangan ini sangat populer secara online dan pertama kali menjadi viral pada awal tahun 2020.

Tagar OneChipChallenge memiliki lebih dari 475 juta tampilan di TikTok, dengan klip paling populer mengumpulkan jutaan penonton dan tanda disukai.

#OneChipChallenge mengharuskan peserta untuk makan salah satu keripik Carolina Reaper dan menunggu setidaknya satu jam sebelum mengonsumsi makanan atau minuman untuk mendapatkan bantuan.

Ini juga merupakan tren utama di YouTube, di mana influencer besar seperti FaZe Rug dan LukeDidThat telah mengunggah video yang menunjukkan mereka menyelesaikan tantangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com