Kompas.com - 26/05/2022, 13:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Kikan Namara merasa cukup tertantang dalam mempersiapkan Pagelaran Sabang-Merauke yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Juni di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Dalam pementasan ini, Kikan memang memegang peran ganda yakni sebagai penyanyi sekaligus music director.

Kikan melakukan kurasi terhadap lagu-lagu tradisional dari daerah untuk ditampilkan di Pagelaran Sabang-Merauke.

Mantan vokalis band Cokelat itu memilih 21 lagu yang memiliki esensi berkesinambungan agar bisa dinikmati oleh audiens.

"Yang paling menantang adalah karena setiap daerah memiliki ceritanya sendiri-sendiri, jadi tuntutan mood yang kita sajikan harus sesuai sama lagunya," kata Kikan saat ditemui di sela-sela latihannya di iCanStudioLive Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (25/5/2022).

Selain itu Kikan juga harus berganti empat busana tradisional dengan waktu terbatas di belakang panggung. 

"Sementara di backstage aku yang paling grasa-grusu karena aku harus ganti baju sampai empat kali. Itu lumayan seru dan bikin stres," ujarnya.

Pergelaran ini menampilkan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional, yang dibawakan dengan apik secara bergantian oleh lima penyanyi yakni Kikan, Mirabeth Sonia (finalis Indonesian Idol X), Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan.

Selain itu pagelaran ini melibatkan 46 musisi tradisional dan modern serta 135 penari yang telah berpengalaman baik di Tanah Air dan kancah internasional.

Pagelaran Sabang-Merauke telah sukses dipentaskan secara live performance di pelataran Candi Prambanan pada akhir Maret 2022.

Pada acara di Djakarta Theater nanti konsep pertunjukkannya pun akan diubah dengan format baru.

Para penyanyi dan musisi akan menampilkan pertunjukan secara langsung dengan perpaduan video yang sudah direkam di Prambanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.