Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FLAVS Festival 2022 Digelar Offline September

Kompas.com - 21/05/2022, 13:52 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - FLAVS Festival akhirnya mengumumkan tanggal penyelenggaraan acaranya pada tahun ini.

FLAVS akan diselenggarakan secara offline pada 10-11 September 2022.

Festival musik yang diselenggarakan oleh Visicita Network ini terpaksa harus berganti wajah menjadi acara online selama dua tahun terakhir imbas pandemi Covid-19.

Baca juga: NEO Kenang Victor Manuputty di Panggung FLAVS

Melengkapi pengumumannya, FLAVS Festival juga merilis dokumenter berjudul Start From Scratch.

Perilisan itu ditandai dengan penayangan terbatas bersama rekan-rekan media dan tamu undangan di Epicentrum XXI pada Jumat, 20 Mei 2022.

Dokumenter yang disutradarai Alexander Sinaga tersebut menampilkan perjalanan dan perjuangan menuju titik bangkit FLAVS Festival.

Baca juga: Segera Digelar, FLAVS Festival 2021 Hadirkan 50 Musisi Hip Hop, Soul, dan R&B

"Start From Scratch tidak hanya menyoroti dampak Covid-19 secara spesifik di ranah industri musik Indonesia, tetapi juga meringkas napak tilas sejarah tentang bagaimana fenomena hip hop, soul, dan R&B itu muncul dan berkembang di Indonesia sampai hari ini," kata Alexander Sinaga.

Selaras dengan semangat yang diusung, FLAVS FESTIVAL 2022 “REVIVAL” bakal mengangkat talenta lokal di kancah hip hop, soul, dan R&B dari berbagai penjuru Tanah Air.

Diharapkan festival tersebut tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi wadah untuk menampilkan potensi di dunia musik serta menjadi titik temu untuk para talenta yang ada saling berkenalan dan bertukar semangat.

Baca juga: FLAVS Festival 2021 Sajikan Suasana Berbeda dengan Konsep 3D

“Walau hip hop mungkin bukan berasal dari Indonesia, tapi pelaku hip hop tersebar dari Sabang sampai Merauke yang mempunyai keunikan masing-masing," ujar Yacko selaku Program Director FLAVS Festival 2022.

Menuju penyelenggaraan FLAVS Festival 2022 “REVIVAL”, penyelenggara juga mengadakan sejumlah acara lainnya, yakni Flavs Nu Icon yang merupakan program pencarian talenta-talenta baru di dunia hip hop, soul, dan R&B.

Acara itu akan digelar secara online pada 24 Mei - 2 Juni 2022.

Baca juga: Rangkuman Keseruan Hari Kedua FLAVS

Guna menjaring lebih banyak talenta lokal yang ada di berbagai penjuru daerah di Indonesia sesuai nafas Bhineka Tunggal Hip Hop, bakal diadakan pula virtual competition yang dilakukan melalui media sosial dalam bentuk DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Rap Session, Bboy/Bgirl & Openstyle Battle, Graffiti Battle.

Acara itu akan dilakukan secara berkala mulai dari Juni - Agustus 2022. Namun tidak hanya itu, bagi yang berada di Jakarta, bakal diadakan kompetisi yang dilakukan secara offline di bulan Agustus 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com