Kompas.com - 13/01/2022, 14:35 WIB
Michael Douglas dan Alan Arkin dalam The Kominsky Method (2018). IMDbMichael Douglas dan Alan Arkin dalam The Kominsky Method (2018).

KOMPAS.com – Kelompok lanjut usia (lansia) biasanya diasosiasikan dengan gigi palsu, rumah sakit, popok dewasa, hingga tongkat jalan.

Padahal, kehidupan lansia lebih dari itu. Seperti usia remaja, dewasa, dan paruh baya, para lansia juga memiliki petualangan atau kisahnya sendiri.

Kisah-kisah lansia pun sangat penting untuk diketahui. Selain sebagai pengingat bahwa seseorang akan mengalami masa tua, kisah mereka juga menjadi salah satu cara untuk menilai bagaimana masyarakat memperlakukan lansia.

Film atau serial yang memotret kehidupan lansia pun bisa menjadi bahan renungan untuk menentukan kehidupan masa tua seperti apa yang ingin dijalani.

Untuk itu, Kompas.com menyusun lima rekomendasi film dan serial tentang lansia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Amour (2012)

Amour mengisahkan sepasang pensiunan guru musik bernama Georges dan Anne yang menikmati hidup di usia delapan puluhan.

Baca juga: Sinopsis Film The Good Liar, Aksi Tipu Muslihat Sepasang Lansia

Namun, Anne tiba-tiba mengalami stroke saat sarapan. Setelah itu, kondisi fisik dan mental Anne mengalami penurunan yang sangat parah, sehingga membuat kehidupan keduanya berubah.

Sesuai keinginan Anne, Georges berusaha merawatnya sendiri di rumah. Namun kondisi Anne semakin memburuk.

Pada akhirnya, George berjuang melawan keletihannya sendiri dan membuat beberapa keputusan penting untuk masa depan mereka.

Film ini berupaya menjaga martabat para orang tua dalam melawan usia. Meski mereka tergolong sukses semasa muda, keputusasaan adalah hal yang tak terhindarkan ketika usia mendekati ajal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.