Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendebarkan, Ini 4 Film dan Serial tentang Bencana Nuklir

Kompas.com - 11/01/2022, 18:10 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bahaya ledakan nuklir barangkali adalah salah satu dari puncak ketakutan yang bisa dibayangkan manusia. Pasalnya, bukan cuma nyawa manusia yang terancam oleh ledakan nuklir, tetapi juga seluruh makhluk hidup.

Untuk itu, film atau serial tentang nuklir menjadi salah satu genre aksi atau drama yang paling mendebarkan untuk ditonton. Baik itu berupa perang nuklir, intrik politik negara bersenjata nuklir, hingga kenyataan suram suatu tempat yang menjadi lokasi ledakan nuklir.

Nah, berikut empat film atau serial tentang nuklir yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Kompas.com.

1. Crimson Tide (1995)

Crimson Tide adalah film besutan Tony Scott yang bercerita tentang krisis politik di Rusia dan keterlibatan Amerika Serikat (AS) untuk mencegah perang nuklir.

Setelah Uni Soviet runtuh, perang saudara meletus akibat konflik yang terjadi di Chechnya. Unit militer yang setia kepada Vladimir Radchenko, seorang ultranasionalis Rusia, mengendalikan instalasi rudal nuklir dan mengancam perang nuklir.

Baca juga: Sinopsis Crimson Tide, Perselisihan Sengit Kapten dan Letnan, Segera di Disney+ Hotstar

Melihat hal itu, Amerika memobilisasi kekuatan tempurnya dengan mengirim kapal selam balistik nuklir, USS Alabama.

Saat berpatroli, kapal selam tersebut diserang dan sistem radio dimatikan. Beberapa saat setelahnya, USS Alabama menerima pesan darurat yang terpotong sebagian dari markas besar untuk meluncurkan rudal nuklir ke pemberontak.

Kapten Ramsey memutuskan untuk melaksanakan perintah pertama untuk meluncurkan misil, sedangkan executive officer Hunter ingin menunggu pesan lanjutan dari markas besar setelah sistem radio diperbaiki.

Film ini pun mencoba menggambarkan konflik di dalam tubuh angkatan laut yang bisa saja memulai perang nuklir jika sedikit saja salah langkah.

Duane Byrge dari The Hollywood Reporter, Selasa (12/5/2020) mengatakan, beberapa pemirsa mungkin menganggap alur cerita sedikit membosankan.Namun, struktur adegan yang disusun dengan cerdas memungkinkan ledakan bombastis yang ditimbulkan menarik untuk diikuti.

Baca juga: Sinopsis Dr. Strangelove, Sebuah Satire Bertemakan Perang Nuklir

Crimson Tide mendapatkan tiga nominasi Academy Awards 1996 untuk Best Film Editing, Best Sound, dan Best Sound Editing.

2. Chernobyl (2019)

Chernobyl mengisahkan sebuah ledakan besar meletus di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina utara pada April 1986.

Miniseri ini akan mengajak penonton mengikuti ilmuwan utama yang bekerja untuk mengendalikan bencana bernama Valery Legasov. politisi Soviet yang mewakili kepentingan pemerintah Soviet selama bencana Boris Shcherbina, dan fisikawan nuklir yang bekerja untuk mengungkap kebenaran tentang apa yang sebenarnya terjadi di Chernobyl Ulana Khomyuk.

Di saat bersamaan, pemerintah komunis mencoba menutup-nutupi insiden ini. Padahal potensi bencana yang lebih parah akan terjadi jika tidak segera ditangani dan diumumkan ke publik. Chernobyl menyorot keberanian Legasov dan Khomyuk dalam melawan pemerintah.

Baca juga: Sinopsis Chernobyl, Mengungkap Kisah di Balik Tragedi Ledakan Nuklir

Miniseri ini menuai banyak pujian atas sinematografi, akurasi sejarah, hingga penampilan para aktornya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com