Kompas.com - 28/07/2021, 16:14 WIB
Salah satu adegan dalam film Dr. Strangelove. IMDBSalah satu adegan dalam film Dr. Strangelove.

JAKARTA, KOMPAS.comDr. Strangelove or: How I Stopped Worrying and Love the Bomb merupakan satu-satunya film karya Stanley Kubrick yang mengusung genre perang, namun dibalut dengan unsur komedi.

Film yang pertama kali dirilis pada 1964 ini merupakan sebuah satire terhadap kekhawatiran akan terjadinya perang nuklir antara Uni Soviet dan Amerika Serikat pada era Perang Dingin.

Uniknya, selain menjadi film pertama dan terakhir Stanley yang mengusung genre komedi, Dr. Strangelove juga menggaet aktor Peter Sellers untuk memerankan tiga karakter berbeda.

Baca juga: Sinopsis North by Northwest, Misteri Thriller Klasik Karya Alfred Hitchcock

Aktor dan komedian kelahiran 1925 itu berperan sebagai Kapten Grup Lionel Mandrake, Presiden Merkin Muffley, dan Dr. Strangelove sendiri.

Dalam film ini, dikisahkan seorang Brigadir Jenderal Angkatan Udara Amerika bernama Jack D. Ripper (Sterling Hayden) memerintahkan salah satu pengebomnya yang tengah berpatroli untuk menjatuhkan nuklir di daerah USSR atau Union of Soviet Socialist Republic.

Sayangnya, keputusan ini ia ambil tanpa sepengetahuan atasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sinopsis LImmortale, Manusia yang Tak Bisa Dibunuh, Segera di HBO Max

Ketika Kapten Grup Lionel berusaha menghentikannya, Jack menjelaskan bahwa hal ini ia lakukan karena dirinya yakin Uni Soviet tengah berkonspirasi untuk mencemari cairan berharga dalam tubuh orang Amerika melalui persediaan air negeri Paman Sam tersebut.

Lionel pun terkejut akan hal itu dan sadar bahwa Jack ternyata sudah tidak waras.

Sementara itu, Presiden Merkin Muffley bersama dengan Jenderal Buck Turgidson (George C. Scott), Dr. Strangelove, dan para petinggi lainnya berkumpul di War Room yang berlokasi di Pentagon.

Baca juga: Sinopsis The Chair, Sandra Oh Jadi Ketua Departemen, Segera di Netflix

Di sana, semuanya berusaha mencari cara agar kecerobohan salah satu jenderal mereka tersebut tidak memicu terjadinya perang nuklir antara Amerika dan Uni Soviet.

Keputusan apakah yang akan mereka ambil?

Ikuti kelanjutannya dalam film Dr. Strangelove yang dapat Anda saksikan di layanan streaming HBO Max.

Baca tentang

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.