Sinopsis Chernobyl, Mengungkap Kisah di Balik Tragedi Ledakan Nuklir

Kompas.com - 13/10/2020, 10:42 WIB
Serial drama sejarah Chernobyl (2019) dapat Anda streaming di HBO Max. HBOSerial drama sejarah Chernobyl (2019) dapat Anda streaming di HBO Max.

JAKARTA, KOMPAS.com - Serial drama sejarah  Chernobyl dapat Anda saksikan di platform streaming HBO Max.

Peristiwa ledakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl pada 1986 menjadi salah satu bencana nuklir terburuk yang pernah terjadi di dunia.

Saat itu, reaktor nuklir nomor empat mengalami lonjakan energi secara tiba-tiba. Hal ini lantas memicu pecahnya tangki reaktor dan rangkaian ledakan uap.

Baca juga: Sinopsis The Young Pope, Jude Law Membawa Kontroversi ke Vatikan, Streaming di HBO Max

Dalam serial drama sejarah Chernobyl, sutradara dan penulis naskah Craig Mazin mengangkat kisah-kisah di balik tragedi yang mungkin belum diketahui masyarakat.

Episode pertama dibuka dengan investigasi dari kepala Institut Kurchatov, Valery Legasov (Jared Harris), dua tahun pasca ledakan reaktor nomor empat.

Saat itu, Kurchatov membuat rekaman berisi keterangannya soal keterlibatan Anatoly Dyatlov (Paul Ritter) dalam insiden tersebut.

Baca juga: Sinopsis Day of the Dead, Serangan Zombie ke Markas Ilmuwan, Segera di HBO Max

Setelah membuat pernyataan ini, Legaslov menyembunyikan rekaman tersebut kemudian mengakhiri hidupnya.

Dalam adegan kilas balik, dua tahun silam Dyatlov tidak mengindahkan bukti-bukti soal ledakan di salah satu reaktornya.

Alih-alih melakukan penanganan dengan hati-hati, Dyatlov hanya meminta beberapa anak buahnya untuk menurunkan kendali dan suhu reaktor secara manual.

Baca juga: Sinopsis Big Little Lies, Serial Populer HBO Pemenang Golden Globes

Inilah yang kemudian menyebabkan sejumlah pekerja dan pemadam kebakaran termasuk Vasily Ignatenko (Adam Nagaitis) terpapar radiasi akut.

Tak hanya Dyatlov, kepala Chernobyl Viktor Bryukhanov (Con O'Neill) juga memerintahkan jajarannya untuk tidak mengekspos kecelakaan ini.

Namun, saat Dyatlov mulai menunjukkan gejala radiasi akut, ia pun mulai mempertanyakan keputusan yang telah dibuatnya.

Saksikan kisah selengkapnya dalam serial Chernobyl yang tayang di HBO Max.

Baca tentang

Sumber imdb
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X