Kompas.com - 30/11/2021, 11:41 WIB
Drummer NAIF, Pepeng, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Drummer NAIF, Pepeng, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Drummer Franki Indrasmoro Sumbodo alias Pepeng mengatakan, tidak menutup kemungkinan NAIF bakal comeback ke industri musik Tanah Air.

Pernyataan Pepeng ini diutarakan saat ditanya mengenai ungkapan mendiang pengamat musik Bens Leo yang menginginkan NAIF kembali berkumpul dan menyapa penggemarnya.

"(NAIF bersatu lagi) Boleh aku bilang enggak pernah ada kata mustahil. Kemungkinan itu pasti ada, sekecil apa pun," kata Pepeng saat dihubungi wartawan, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Lirik Lagu Yth: NAIF - Diskoria, Isyana, Ardhito

Pepeng meneruskan, meski kemungkinan tersebut ada, NAIF tidak secepat itu kembali bersatu.

Ia berpendapat, NAIF belum dapat bersatu lagi dalam jangka waktu satu hingga dua tahun ke depan.

"Hanya sepertinya, menurutku, tidak dalam waktu dekat ini. Bisa berarti setahun atau dua tahun. Tapi gua enggak yakin lima tahun ke depan enggak bakal balik," ujar Pepeng.

Baca juga: Jarwo Bersikeras NAIF Belum Bubar dan Akan Dilanjutkan

Mengenai harapan mendiang Bens Leo, Pepeng dengan senang hati menerima pendapat itu.

Bagi Pepeng, setiap orang berhak memberikan opini mereka terhadap NAIF dan sama sekali tidak mempermasalahkan hal tersebut.

"Orang di luar circle NAIF sangat bebas untuk beropini dan berharap tentang NAIF. Ini ke depannya bisa kembali lagi atau tidak, atau belum. Itu sangat bebas, enggak ada yang ngelarang untuk orang berharap," tutur Pepeng.

Baca juga: Jarwo Ungkap Ada Keegoisan hingga NAIF Disebut Bubar

Adapun pada Mei 2021, David Bayu, mantan vokalis NAIF mengumumkan bandnya itu sudah bubar melalui kanal YouTube-nya.

Namun, Fajar Endra Taruna alias Jarwo yang merupakan gitaris NAIF, menyatakan hingga saat ini NAIF masih berdiri meski hanya ada dirinya sendiri.

Jarwo menegaskan, Mohammad Amil Hussein Alhajri atau Emil (bass), serta Franki Indrasmoro atau Pepeng (drum) lebih dahulu mengumumkan hengkangnya dari Naif. Lalu disusul David Bayu (vokal).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.