Kompas.com - 22/10/2021, 19:27 WIB
Band Armada saat kunjungan ke redaksi Kompas.com, Jakarta, Jumat (6/7/2018). Grup musik Armada mendapat kesempatan untuk mengisi soundtrack Si Doel The Movie. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOBand Armada saat kunjungan ke redaksi Kompas.com, Jakarta, Jumat (6/7/2018). Grup musik Armada mendapat kesempatan untuk mengisi soundtrack Si Doel The Movie.

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Armada sudah berkarier sejak 2007 dan baru saja merilis album ke-7 yang bertajuk Kita Bersaudara.

Armada mengaku, memperlakukan semua lagunya sama dan ingin mempromosikan semua lagu yang mereka ciptakan sama porsinya.

Sebab, ketiga personelnya mengatakan bahwa menciptakan lagu tidak mudah.

"Titik jenuh pasti ada, manusiawi. Kalau bikin lagu susah banget juga kadang-kadang dalam waktu lima menit kita bisa dapat satu lagu full plus lirik, tapi kadang butuh waktu berbulan-bulan untuk keluarin satu lagu," ucap Rizal vokalis Armada, dalam konferensi pers Kita Bersaudara, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Terinspirasi Sumpah Pemuda, ARMADA Band Rilis Album Kita Bersaudara

Bagi band yang mempopulerkan "Mau di Bawa ke Mana" itu, yang mereka pikirkan bukanlah menjaga eksistensi saat menciptakan lagu.

"Kalau kami, berpikir bukan jaga eksistensi, tapi bagaimana caranya kami bertanggung jawab sama pekerjaan yang kami jalani. Kami kan musisi, tanggung jawabnya adalah bikin karya terus," ujar Rizal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau musisinya sudah tidak bikin karya, menurut kami 'sudah tidak bertanggung jawab lagi' dengan pekerjaan. Kalau disambungin, ya berarti sudah tidak eksis karena tidak punya karya lagi," kata Rizal lagi.

Armada mengaku sejak pembuatan album Kita Bersaudara mereka sudah mulai mencoba cara theatre of mind.

Baca juga: Tinggal Bertiga, Armada Band Tidak Akan Cari Personel Baru

Dengan kata lain, tidak melulu menciptakan lagu sekadar memanfaatkan pengalaman pribadi.

Akan tetapi, Rizal mengakui bahwa kedalaman secara emosional memang lebih kental jika lagu dibuat dari pengalaman sendiri.

Album Kita Bersaudara sendiri berisi 14 lagu. Sudah ada delapan lagu yang mereka jadikan single.

Armada berharap sisa enam lagu tersebut juga dapat dijadikan single.

Baca juga: Rilis Lagu Awas Jatuh Cinta, Armada Band Beri Petunjuk Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.