Kompas.com - 22/10/2021, 18:35 WIB
Band ARMADA, (kiri ke kanan): Andit (drum), Rizal (vokal), dan Mai (gitar) dalam konferensi pers peluncuran album Kita Bersaudara, Jumat (22/10/2021) di Kemang, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSBand ARMADA, (kiri ke kanan): Andit (drum), Rizal (vokal), dan Mai (gitar) dalam konferensi pers peluncuran album Kita Bersaudara, Jumat (22/10/2021) di Kemang, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Band ARMADA akhirnya merilis album ketujuh mereka yang bertajuk Kita Bersaudara Jumat (22/10/2021).

Album tersebut berisi 14 lagu yang seharusnya dilepas ke pasaran pertengahan 2020.

Namun, pandemi Covid-19 membuat jadwal kerja ARMADA bergeser.

Baca juga: Dari London, Groove Armada Ajak Pesta di Rumah pada Mola Chill Fridays Malam Ini

"Prosesnya sudah selesai dari tahun 2020 awal, karena memang secara timeline kita mikirnya 2020 pertengahan itu keluar album yang sekarang ini. Cuma ada pandemi di dunia ini, jadi mundurlah keluar albumnya baru sekarang," kata Rizal, vokalis ARMADA, dalam konferensi pers di Kemang, Jakarta Selatan.

Kata Rizal, sebenarnya 10 lagu di album ini sudah rampung sejak 2020.

Lalu empat lagu lainnya baru diproduksi di masa pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Berdoa untuk Semua - Armada Band

Judul album Kita Bersaudara rupanya terinspirasi dari Sumpah Pemuda.

"Dari sumpah pemuda, satu bahasa, bangsa, negara. Maksudnya walaupun ada bermacam ras di Indonesia, bermacam suku, agama, tapi semuanya kita disatukan bahwa kita ini anak Ibu Pertiwi," tutur Rizal.

Band ARMADA, (kiri ke kanan): Andit (drum), Rizal (vokal), dan Mai (gitar) dalam konferensi pers peluncuran album Kita Bersaudara, Jumat (22/10/2021) di Kemang, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS Band ARMADA, (kiri ke kanan): Andit (drum), Rizal (vokal), dan Mai (gitar) dalam konferensi pers peluncuran album Kita Bersaudara, Jumat (22/10/2021) di Kemang, Jakarta Selatan.

Dengan album Kita Bersaudara, ARMADA berharap lagu-lagu di dalamnya membuat rasa persaudaraan masyarakat semakin kuat.

Baca juga: Tinggal Bertiga, Armada Band Tidak Akan Cari Personel Baru

"Kalau dilihat saat ini banyak pihak yang ambil kesempatan dari 'perbedaannya' kita, padahal sebenarnya perbedaan inilah yang membuat kita spesial di mata orang lain," jelas Rizal.

Selain mempersiapkan penyempurnaan album Kita Bersaudara, ARMADA juga memanfaatkan masa pandemi dengan menciptakan lagu-lagu untuk album berikutnya.

Ketiga personel, Rizal (vokal), Mai (gitar), dan Andit (drum) juga mengaku jadi lebih dekat dengan keluarga masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.