Kompas.com - 16/10/2021, 18:21 WIB
Musisi Dave Grohl tampil di  The New Yorker Festival di Brooklyn, New York City, pada 8 Oktober 2021. AFP/GETTY IMAGES FOR THE NEW YORKER/EUGENE GOLOGURSKYMusisi Dave Grohl tampil di The New Yorker Festival di Brooklyn, New York City, pada 8 Oktober 2021.

KOMPAS.com - Vokalis band Foo Fighters, Dave Grohl, mengakui sangat terpukul ketika rekan satu bandnya di Nirvana, Kurt Cobain, meninggal dunia.

Dia menggambarkan kondisinya saat itu dengan istilah "lumpuh secara emosional".

"Setelah Kurt meninggal, saya benar-benar tidak bisa menyalakan radio, dan saya hanya menyimpan instrumennya saja. Bahkan, mendengar musik pun terasa sakit," kata Grohl kepada BBC dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Baca juga: Diam-diam, Rumah Tempat Kurt Cobain Bunuh Diri Terjual Rp 101 Miliar

 

Kondisi itu berlangsung selama beberapa bulan.  Saat itu dia masih berada di Kota Seattle, tempat Kurt Cobain meninggal.

Ketika itu dia merasa harus pergi dari kota tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya (harus) pergi ke suatu tempat di mana saya bisa menghilang dan menata lagi hidup saya, dan mencoba mencari tahu apa yang dilakukan selanjutnya," ucap Grohl.

Baca juga: Dave Grohl Ungkap Sering Bertemu Kurt Cobain dalam Mimpi

Dia memutuskan pergi ke Irlandia. Di negara tersebut menjelajahi rute wisata Ring of Kerry sepanjang 111 mil di barat daya Irlandia.

"Saya menemukan jalan berkelok-kelok di sekitar jalan pedesaan, sangat indah, dan saya menemukan kedamaian," ungkap Grohl.

Dalam perjalanan tersebut, Grohl bertemu seseorang yang mengenakan kaus Kurt Cobain.

Baca juga: Dave Grohl Masih Memiliki Mimpi kembali ke Nirvana

Insiden itu menyadarkan Dave Grohl bahwa dia tidak bisa melarikan diri masalah. Itulah yang memotivasi dia untuk pulang ke Amerika dan kembali bermusik.

Dia pun berfokus mengerjakan proyek musik yang kemudian menjadi cikal bakal band Foo Fighters.

"Jadi, saya terbang pulang dan saya segera mulai merekam lagu-lagu Foo Fighters," kata Grohl.

Baca juga: Dave Grohl Ceritakan Lagu Meresahkan dari Foo Fighters

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.