Kompas.com - 19/09/2021, 13:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Yuni karya sutradara Kamila Andini berhasil memenangi Platform Prize di ajang Toronto International Film Festival 2021.

Dewan juri yang dipimpin oleh aktor peran Riz Ahmed memilih Yuni karena membawa perspektif baru di dunia sinema.

"Juri tersentuh oleh film yang membawa perspektif baru dan intim untuk sebuah cerita remaja, yang ditandai dengan struktur yang subtil, penggambaran yang indah, dan sinematografi yang halus,” tutur Riz Ahmed dalam keterangan pers tertulis, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Film YUNI Menang di Toronto International Film Festival 2021

Ucapan syukur diungkapkan Kamila Andini ketika menerima penghargaan Platform Prize di TIFF 2021.

Istri Ifa Isfansyah ini masih ingat ketika kali pertama mengikuti kompetisi tersebut pada 2015 lewat sebuah film pendek.

Pada keikutsertaannya yang ketiga, Kamila Andini tak menyangka bisa membawa pulang penghargaan tersebut.

Baca juga: Film Yuni Umumkan Jadwal Tayang di Toronto International Film Festival 2021

"Saya melihat ini sebagai harapan. Kemenangan ini untuk suara-suara perempuan di Indonesia yang selama ini tidak terdengar, juga untuk semua perempuan di Indonesia maupun dunia, yang masih terus berjuang mencari kebebasannya," kata Kamila Andini.

Kemenangan ini terasa semakin spesial lantaran film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas juga menang di Locarno Festival.

Yuni dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas menandakan bahwa perfilman Indonesia masih terus berjaya di pentas dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.