Kompas.com - 07/09/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya angkat bicara dalam masalah kemunculan pedangdut Saipul Jamil di stasiun televisi.

KPI menjadi sasaran empuk masyarakat Indonesia setelah Saipul Jamil dihadirkan dalam acara TV setelah baru saja bebas dari penjara.

Penyambutan berlebihan terhadap Saipul Jamil yang notabene adalah mantan narapidana kasus pencabulan anak dan penyuapan ini dianggap mencederai nurani publik.

Baca juga: 6 Langkah Tegas Komnas PA Kecam Penyambutan dan Kemunculan Saipul Jamil di TV

Petisi memboikot Saipul Jamil di televisi pun akhirnya muncul dan mendapat respons masif.

Langkah KPI

Kehadiran petisi online untuk memboikot Saipul Jamil langsung direspons oleh KPI sebagai regulator penyiaran di Indonesia.

Saipul Jamilwww.change.org Saipul Jamil

KPI meminta semua lembaga penyiaran untuk berhenti mengglorifikasi kebebasan Saipul Jamil.

Baca juga: Permintaan Maaf Saipul Jamil Usai Dihujani Protes dan Kecaman

"Jadi gini, untuk sikap KPI berkaitan dengan boikot tayangan Saipul Jamil, yang pertama, tentu yang harus dikedepankan adalah lembaga penyiaran diminta KPI untuk tidak semakin menguatkan glorifikasi kebebasan Saipul Jamil," kata Nuning Rodiyah, Komisioner KPI Bagian Kelembagaan, saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/9/2021).

KPI juga akan mengawasi rumor salah satu stasiun televisi yang sudah mengontrak pelantun lagu "Tak Bosan" ini untuk menjadi host di sebuah acara.

Baca juga: Trans TV Minta Maaf karena Undang Saipul Jamil di Acara Kopi Viral

Kaji ulang

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.