Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas Anak: Kami Bukan Menghalangi Saipul Jamil Cari Nafkah

Kompas.com - 06/09/2021, 14:38 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) menegaskan pihaknya tidak bermaksud menghalangi Saipul Jamil mencari nafkah dengan memprotes kehadirannya di stasiun televisi.

Hal itu dikatakan Dewan Pengawas Komnas Anak Roostin Ilyas dalam konferensi pers di kantornya, Senin (6/9/2021).

“Kami di sini bukannya menghalangi Saipul Jamil mencari nafkah, monggo orang butuh hidup, tapi janganlah di televisi atau di media sosial yang bisa ditonton oleh ratusan juta orang Indonesia,” ucap Roostin.

Baca juga: Saipul Jamil Minta Maaf: Saya Mohon Bimbingannya

Roostin mengatakan, televisi masih menjadi tontonan utama orang Indonesia.

“Bisa dibayangkan apa yang ada di benak mereka semua. ‘Kalau gitu enggak apa-apa seperti Saipul Jamil, paling 3,5 tahun ke luar (penjara), habis itu panggung sudah disediakan oleh televisi',” kata Roostin.

Pihaknya khawatir banyak yang mencontoh perbuatan buruk Saipul jika penyanyi dangdut itu masih terus ditayangkan televisi atau di media lainnya.

Baca juga: Kebebasan Saipul Jamil Diglorifikasi, Komnas Anak: Kami dan Korban Kejahatan Seksual Merasa Dilecehkan

Tak hanya khawatir menimbulkan banyak orang yang ingin berbuat asusila, kemunculan Saipul di televisi juga dikhawatirkan banyak korban kekerasan seksual tak lagi berani melapor.

Hal itu mengingat pelaku pelecehan seksual usai dibebaskan dari penjara bisa diterima kembali di masyarakat, bahkan masuk televisi.

“Banyak yang menjadi korban makin mereka melihat kemunculan seorang pelaku kekerasan seksual dengan gaya (penyambutan bebas meriah seperti orang menang laga pertandingan) pasti lah korban-korban yang lain yang pernah kena hal-hal seperti ini tidak akan melaporkan lagi,” kata Roostin.

Baca juga: Komnas Perlindungan Anak Minta Televisi hingga Media Mainstream Boikot Saipul Jamil

“Karena apa? Enggak ada gunanya juga, toh mereka nanti juga bebas nyaman, hang artis bisa menjadi artis. Nah itu yang sangat mengerikan sekali,” lanjut Roostin.

Oleh karena itu, Roostin meminta televisi dan media lainnya tak lagi menayangkan Saipul Jamil.

Ia juga meminta Pemerintah turun tangan mengatasi keresahan Komnas Anak terkait penanyangan Saipul Jamil di televisi ini.

Baca juga: Trans TV Minta Maaf karena Undang Saipul Jamil di Acara Kopi Viral

“Saya enggak ngerti ya, apakah masih punya nurani televisi-televisi ini. Semoga dengan teriakan kami kali ini dimana kami juga selalu meneriakan hukuman bagi seorang yang seperti itu (kasus asusila) adalah kebiri,” ucap Roostin

“Tapi jujur saya ingin menangis dalam hal ini, saya mohon pada Pemerintah untuk tidak separuh hati menangani hal-hal yang seperti ini,” tutur Roostin.

Pada kesempatan itu, Roostin juga melontarkan kekecewaannya terhadap pedangdut Inul Daratista yang membela dan mendukung Saipul Jamil untuk kembali tampil di televisi.

Baca juga: Inul Daratista Minta Maaf Sempat Bela Saipul Jamil Tampil di Televisi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com